Cara Menanam Rumput


Jika anda ingin halaman rumah maupun taman anda terlihat lebih hijau dan asri. Salah satu caranya yaitu dengan menhijaukanya dengan hamparan rumput. Untuk memanam rumput di rumah anda, anda dapat menggunakan jasa pertamanan. Namun jika anda ingin menanamnya sendiripun bisa dilakukan, Untuk menanam rumput perlu cara-cara khusus dalam penanaman dan perawatan yang dilakukan secara teratur agar rumput dapat tumbuh lebih cepat, lebih hijau dan sehat. Berikut ini langkah-langkah cara menanam rumput yang bisa anda ikuti :
  1. Persiapkan lahan tanah sebagai media tanam. Buang rumput liar yang masih tertanam dilahan tanah dan bebatuan yang ada di sekitarnya. Rumput liar dan bebatuan bisa menghambat pertumbuhan rumput. Setelah bersih, gemburkan tanah hingga kurang kebih 30 cm dengan cara membolak-balik menggunakan pacul. Langkah ini bertujuan agar tanahnya bisa subur dan tidak keras. Akan lebih baik jika pada saat menggemburkan, taburkan juga pupuk kandang atau kompos. Lalu diamkan kurang lebih 1 hari agar tanah benar-benar gembur. Setelah itu, ratakan permukaan tanah agar rumput bisa tumbuh dengan rata.
  2. Tanam rumput yang sudah dipecah-pecah dari lempengan rumput ukuran besar. Caranya, tekan potongan rumput di tanah. Lebih baik anda menanam potongan rumput yang kecil-kecil karena semakin kecil potonganya, maka pertimbuhan rumput bisa lebih rata. Namun untuk potongan kecil yang perlu diperhatikan jarak tanam satu potongan rumput dengan potongan lainya. Jarak idealnya sekitar 2 cm antara kedua ujung daun potongan rumput.
  3. Jika sudah tertanam semuanya, tekan permukaan rumput dengan menggunakan papan kayu yang sudah dibungkus dengan kain. Tujuanya agar rumput tertanam dengan ratadan baik diatas permukaan tanah.
  4. Karena rumput tidak boleh kekeringan, siram dengan air secara teratur. Sesaat setelah penanaman, rumput harus disiram setidaknya 1 jam sekali. Apalagi saat cuacanya sedang panas. Penyiraman harus teratur agar pertumbuhanya bisa sehat. Disarankan pada saat penyiraman air harus dengan rata jatuh di permukaan tanah. Untuk memudahkan, gunakan alat siram seperti ember siram, sprayer atau sprinkler.
  5. Taburkan pupuk dan pasir diatas permukaan rumput dan tanah. Taburan pasir yang dilakukan setidaknya 5 hari setelah penanaman bertujuan agar permukaan tanah tertutup dan tanah tidak naik sampai permukaan rumput disirami air. Tanah yang naik ke permukaan rumput akan mengganggu pertumbuhan dan rumput akan terlihat jelek.
  6. Tutup permukaannya agar rumput tidak terpapar sinar matahari terlalu banyak. Gunakan lembaran daun sehingga meski tertutup masih terkena sinar matahari. Anda juga bisa menggunakan paranet.
Perawatan pasca penanaman

Perawatan yang mudah dilakukan adalah menyirami dengan teratur pagi, siang dan sore hari. Selain itu beberapa rumput juga harus rajin dipotong sehingga ketinggianya tidak melebihi 3 cm. Disamping itu meski pupuk sudah diberikan diawal penanaman, pemupukan juga diperlukan setelah penanaman. Gunakan saja pupuk NPK dengan perbandingan sekitar 1:1:1. Pada saat menaburkan pupuk dicampur dengan pasir yang sudah diayak agar pupuk bisa menyebar dengan rata dan masuk ke dalam permukaan tanah. Kebutuhan pupuk per meter perseginya sekitar 100 gram.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menanam Rumput "

Posting Komentar