Cemara Norfolk (Araucaria Heterophylla)

Nama lain : cemara norflok (indonesia)
Famili : Araucariaceae
Perbanyakan : cangkok
Media tanam :
Perawatan :
  • Penyiraman : kebutuhan air banyak/intensif
  • Pemupukan : NPK kandungan nitrogen tinggi pada masa pertumbuhan dan kandungan fosfor tinggi pada masa pembungaan. Pemupukan dengan pupuk buatan, pupuk kandang.
  • Pemangkasan : secara insidental
Penyinaran : cahaya penuh/langsung
Kelembaban : sedang
Dataran : tinggi
Daya tumbuh : lambat
Fungsi :
  • Point of interest karena keunikan bentuk tajuk dan susunan cabang serta rantingnya
  • Tanaman pengarah jalan jika diletakan secara masssal
Cemara Norfolk (Araucaria Heterophylla)

Cemara ini merupakan golongan tanaman yang bisa tumbuh besar, bisa mencapai 60 m dari permukaan tanah. Cabang-cabang dan ranting-ranting menyerupai daun, berbentuk seperti jarum-jarum yang tumpul. Bunganya memiliki benang sari yang banyak. Buahnya berbentuk runjung. Buah yang sudah tua besar dengan diameter 10-13 cm. Cemara ini bisa tumbuh baik bila terkena matahari secara langsung, khususnya di daerah dataran rendah. 

Cemara Norfolk (Araucaria Heterophylla)

Perawatanya cukup mudah. Media tanam nya harus subur, gembur, dan berdrainase baik. Pada permulaan tumbuh atau saat mula - mula dipindahkan ke tanah, penyiraman dan pemupukan harus dilakukan secara teratur. Penyiraman sebaiknya dilakukan tiap hari, dipagi hari saat cuaca cerah, kecuali dimusim hujan. Saat tanaman dalam masa pertumbuhan, (meninggi dan merimbunkan daun), suburkanlah dengan pupuk yang memiliki kandungan nitrogen tinggi. Jika tanaman sudah dewasa dan ingin merangsang pembungaanya, gunakan pupuk yang kandungan fosfornya tinggi. Cara yang umum dipakai untuk memperbanyak cemara norfolk adalah dengan mencangkok batangnya. Batang yang dicangkok dipilih yang tidak terlalu muda atau terlalu tua.







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cemara Norfolk (Araucaria Heterophylla)"

Posting Komentar