Cemara Kipas (Thuja Orientalis)

Nama lain : cemara kipas (indonesia)
Famili : Cupressaceae
Perbanyakan : biji, setek batang dan cangkok
Media tanam :
Perawatan :
  • Penyiraman : kebutuhan air sedang/semi intensif
  • Pemupukan : pada masa pertumbuhan (NPK dengan kadar N tinggi)
  • Pemangkasan : secara insidental
Penyinaran : cahaya penuh/langsung
Kelembaban : sedang
Dataran : rendah dan tinggi
Daya tumbuh :
Fungsi :
  • Point interest
  • Tanaman pengarah jalan
Cemara yang daunya menyerupai kipas ini berasal dari kawasan asia. Tajuknya unik, berbentuk piramida (kerucut), dengan percabangan yang mulainya rapat dengan tanah. Cemara ini ternasuk tanaman hias yang populer. Ciri tanaman ini adalah bunganya tunggal, daunnya tidak berduri dan majemuk, daun pada dahannya tidak menggerombol sehingga dilihat dari jauh dahannya tipis menyerupai kipas. Selain itu, tanaman ini juga titik percabangannya terletak dekat dengan tanah, batangnya bercabang banyak dan permukaannya kasar, dan berakar tunggang. Bentuk tajuknya piramida atau kerucut. Daunya berbentuk kipas dan berwarna hijau muda atau hijau kekuningan. Percabangan dekat dengan tanah. Daunya berhadapan. Daun yang kecil sangat unik, menyerupai sisik. 

Cemara Kipas (Thuja Orientalis)

Bila Anda menginginkan cemara yang tidak terlalu tinggi maka cemara kipas bisa menjadi pilihan. Sebab, cemara kipas termasuk golongan tanaman pendek. Tinggi maksimal pertumbuhannya hanya sekitar 7 m Cemara ini sebaiknya di tanam di tempat terbuka dan mendapat sinar matahari langsung. Cemara kipas dapat ditanam di dataran rendah naupun dataran tinggi. Namun ini akan mengalami pertumbuhan terbaik pada daerah dendan ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut. 

Cemara Kipas (Thuja Orientalis)

Cemara kipas perlu disiram tiap hari, kecuali di musim hujan. Penyiraman bisa dilakukan pagi atau sore hari. Sama seperti yang lain, cemara kipas membutuhkan pupuk yang tinggi kandungan nitrogen nya diawal pertumbuhan. Dan saat dewasa (masa pembungaan) tanaman ini membutuhkan pupuk yang kandungan fosfornya tinggi. Cemara kipas lazim diperbanyak dengan stek batang. Bisa juga di cangkok pada batang dewasanya, tetapi hal ini jarang dilakukan.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cemara Kipas (Thuja Orientalis)"

Posting Komentar