Bugenvil (Bougainvillea sp.)

Nama lain : Bugenvil, paper flower, kembang kertas (indonesia)
Famili : Nyctaginaceae
Perbanyakan : Setek batang atau cangkok
Media tanam :
Perawatan :
  • Penyiraman : kebutuhan air sedang/semi intensif
  • Pemupukan : 1 kali per 3 bulan (pupuk K)
  • Pemangkasan : 4 bulan sekali
Penyinaran : cahaya penuh/langsung
Kelembaban : sedang
Dataran : pantai, dataran rendah dan tinggi
Fungsi : 
  • Point of interest taman
  • Tanaman pergola tempat parkir, selasar atau balkon rumah
  • Tanaman pagar
Bougainvillea

Tanaman ini tahan terhadap cuaca panas. Pertumbuhanya cukup sehat bila di daerah tropis. Dalam cuaca panas tanaman ini mudah berbunga. Tanaman ini mempunyai cara pertumbuhan merambat. Dengan panjang batang bisa nencapai lebih 6 m. Bunga bugenvil yang berwarna warni sebenarnya kurang menarik. Yang menarik adalah bagian daunya.

Menanam bugenvil tidaklah sulit. Tanaman ini lebih bagus bila difungsikan sebagai tanaman penutup permukaan pagar.  Khususnya pagar besi. Dengan pertumbuhan merambat, penanaman bisa dilakukan di dekat pagar.  Pagar inilah yang berfungsi sebagai media perambatan

Bugenvil yang juga disebut kembang kertas. Tanaman hias rambat dengan dahan berduri ini berasal dari Amerika Latin. Nama bugenvil diambil dari penemunya yaitu louis antoine de nougainville, seorang prancis yang menjelajah brasil pada abad ke 18. Di indonesia yang beriklim tropis, bugenvil dapat tumbuh subur dengan daun yang rimbun dan berbunga sepanjang tahun. Warna-warna bugenvil terlihat mencolok seperti ungu, merah, orange, putih atau kuning. Warna-warna ini sebenarnya berasal dari seludang bunga, sementara bunga bugenvil umumnya putih. Bugenvil sering disebut kembang kertas karena seludang bunganya tipis-tipis seperti kertas.

Bugenvil dapat ditanam dipot atau langsung di tanah, memiliki duri di dahanya dan dapat tumbuh optimal ditanah gembur berpasir. Bila ditanam di pot, bugemvil cenderung tidak tinggi. Bugenvil banyak dimanfaatkan untuk tanaman bonsai. Bugenvil termasuk tanaman yabg relatif bandel dan jarang diserang hama maupun penyakit. pemangkasan teratur disertai pemupukan membuat bugenvil timbuh rimbun. Bugenvil memerlukan sedikit air, bila terlalu basah atau sering tergenang, bugenvil akan malas berbunga. Bila dibiarkan, ia bisa mati karena busuk akar. 

Berbunga sepanjang tahun. Kelopak bunga semuanya beraneka warna (ungu, pink, putih, merah dan kuning) serta mudah disilangkan. Bunga asli pada bugenvil berbentuk seperti tabung dan biasanya berwarna putih. Tinggi tanaman perdu sedang ini 1,2-1,3m. Ada yang tegak dan ada yang merambat.

Macam Bougainvillea :
  • Bougainvillea buttiana
  • Bougainvillea glabra
  • Bougainvillea peruviana
  • Bougainvillea spectabilis
  • Bougainvillea spinosa
Bougainvillea Buttiana

Bougainvillea Glabra

Bougainvillea Peruviana

Bougainvillea Spectabilis

Bougainvillea Spinosa





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bugenvil (Bougainvillea sp.)"

Posting Komentar