Tips Merawat Bunga Mawar Agar Berbunga

Bunga mawar menjadi peringkat teratas dalam daftar bunga-bunga yang paling popular disenangi oleh banyak wanita. Dalam beberapa decade terakhir bunga mawar memang menjadi lambang dari cinta dan kasih sayang. Alasannya saya sendiripun tak tahu.

Bentuknya yang indah dan warnanya yang amat menarik dan bermacam-macam yang menjadi daya tarik utama untuk membuat kita jatuh hati pada bunga yang satu ini

Bahkan beberapa literature menyebut bunga mawar ini sebagai Ratunya para bunga atau “Queen of Flower” sebab bentuknya yang begitu anggun, menawan dan indah dipandang mata. Bila kamu mempunyai bunga mawar sebagai tanaman hias di pekarangan rumah kamu, ada beberapa cara yang mesti diperhatikan supaya bunga mawar dapat terus berbunga.

Tips Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Pada dasarnya cara menanam bunga mawar ada dua. Cara yang pertama yaitu dengan penanaman bibit bunga mawar yang telah berdau. dan cara kedua yaitu menanam dengan menggunakan teknik stek. Tentu masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangnya tersendiri.

Lokasi Penyimpanan Bunga Mawar yang Tepat

Baiknya bunga mawar yang telah Anda tanam jangan ditempatkan di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung terus menerus. Carilah lokasi yang terpapar sinar matahari pada pada pai hari hingga jam 10 atau 11 siang. Selain itu letakkan juga bunga mawar di tempat yang cukup lembab dan tidak kering.

Penyiraman Bunga Mawar

Siram tanaman bunga mawar kamu dua hari satu kali, pagi dan sore hari. Lakukan hal itu secara rutin di sebulan pertama. Jangan menyiram bunga mawar sampai bagian daun, siram bagian bawah sampai akarnya saja. Berikutnya, tanaman bunga mawar juga memerlukan pemangkasan batang-batang yang telah layu dan mengering. Sehingga batang yang baru dapat cepat tumbuh dengan baik.

Pemupukan Bunga Mawar

Selain memilih lokasi dan penyiraman yang tepat, kamu juga perlu melakukan pemupukan pada tanaman hias bunga mawar ini. Satu bulan sekali untuk pemupukan sudah lebih dari untuk tanaman hias yang satu ini. Pupuk yang digunakan bisa pupuk kompos ataupun pupuk kandang. Anda juga bisa menggunakan pupuk cair jika ingin lebih praktis. Tanaman hias yang satu ini tidak rewel dalam pemilihan pupuk

Pencegahan dan Pengendalian Hama

Bila tanaman bunga mawar Anda terkena hama yang memunculkan bercak hitam pada daunnya, Anda bisa langsung memangkas bagian yang terkena itu agar tidak menjalar ke yang lainnya. Untuk mencegah hama, Anda bisa menggunakan insektisida dan pestisida.

Selain penggunaan pestisida, Anda juga bisa bisa menggunakan cairan yang terbuat dari 3 sdm larutan baking soda dengan segalon air. Hal yang perlu diperhatikan pada penyemprotan pertama ialah, pakai pada skala yang lebih kecil terlebih dulu, semakin lama baru bisa dinaikkan dosisnya.