Tips Menanam Kaktus Mini di Rumah

Tips Menanam Kaktus Mini di Rumah

Bunga hias – Kaktus pada dasarnya merupakan tanaman gurun, sehingga ia memiliki daya tahan yang luar biasa terhadap lingkungan dan cuaca ekstrim. Pada awalnya, kaktus berkembang di daerah gurun. Namun, kini kaktus sudah dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Kaktus terdiri dari berbagai jenis macam serta ukuran. Ada pula kaktus yang berbunga serta kaktus yang tidak memiliki bunga.

Beberapa berpendapat bahwa kaktus menyimpan manfaat yang sangat tinggi. Batang kaktus dinilai memiliki nutrisi yang dapat menjadi antioksidan pencegah kanker, pengontrol gula darah serta baik untuk anda yang sedang dalam program diet. Di Amerika Latin, kaktus sering kali digunakan sebagai bahan utama makanan.

Tips Menanam Kaktus Mini di Rumah

Disamping daya tarik dan manfaatnya, kaktus mini sekarang sudah makin berkembang dan dapat menjadi salah satu taman hias dirumah. Manfaat kaktus dalam rumah dan di luar rumah menjadikannya semakin populer.

Berikut tips menanam kaktus mini di rumah :

Cara Menanam Kaktus Mini

Sebelum anda memulai pekerjaan menanam kaktus, anda harus menyiapkan beberapa bahan terleih dahulu. Diantaranya adalah :

Tanaman kaktus

Anda dapat memilih tanaman kaktus jenis apa yang akan digunakan. Usahakan ukurannya masih kecil dann tidak terlalu besar karena ini ditempatkan di rumah. Anda juga dapat menggunakan tanaman sekulen seperti cocor bebek atau sansevierial sebagai penghias dan teman untuk tanaman kaktus anda.

Pot Bunga

Pot bunga yang anda gunakan juga tergantung dengan selera anda. Anda dapat memilih diameter besar, kecil, sedang semuanya menyesuaikan kembali dengan tanaman kaktus yang anda pilih.

Kaktus dalam Pot Kecil

Nantinya, kaktus ini akan digabung dengan taman kaktus hias dan penghias lainnya. Usahakan anda memilih tanaman yang akan indah jika dipadukan.

  • Sarung Tangan
  • Penjepit
  • Kerikil
  • Media Tanam
  • Sendok Teh
  • Dekorasi

Anda dapat menambahkan dekorasi lainnya sebagai penambah jika anda membutuhkan.

Setelah semua bahan-bahan sudah terkumpul, anda dapat memulai proses penanamannya. Berikut ini adalah proses tahapan untuk cara menanam kaktus mini:

Masukkan Media Tanam ke dalam Pot

Hal pertama yang anda lakukan adalah mengisi pot dengan media tanam. Kaktus memerlukan media kering dan tidak menahan air sehingga akar tidak terlalu lama mengikat air. Anda tidak bisa menggunakan tanah merah atau pun tanah liat sebagai media tanam sebab keduanya memiliki daya ikat air yang tinggi.

Hal yang akan anda lakukan sekarang adalah, letakkan kerikil yang anda siapkan ke bagian dalam pot. Jumlah kerikil ini tidak perlu mencapai permukaan pot. Cukup menempati 1/3 bagian dari tinggi pot yang digunakan. Hal ini dikarenakan kaktus memiliki akar yang dangkal. Setelah itu, anda taburkan tanah diatas kerikil.

Setelah selesai, siapkan lubang dengan diameter yang sama dengan diameter tanaman kaktus yang sudah ditanam pada pot kecil sebelumnya. Untuk menjaga temperatur kaktus tetap hangat, anda dapat menutupnya dengan botol plastik bening atau wadah dengan ukuran yang sama selama proses penanaman berlangsung.

Memindahkan Kaktus dari Pot Kecil

Pada saat anda memindahkan kaktus beserta sejumlah tanaman sekulen pada pot, lebih baik anda siapkan terlebih dahulu koran sebagai alat transisi untuk membersihkan kaktus dan cara menjaga kebersihan halaman rumah. Hal ini untuk mencegah sampah tidak berceceran kemana-mana. Jangan lupa gunakan sarung tangan anda, untuk melindungi tangan supaya tetap bersih.

Setelah kaktus dan tanaman sekulen sudah benar-benar bersih dan padat tanahnya, anda baru dapat menanamkan kaktus menggunakan penjepit, menuju lubang yang tadi sudah disiapkan sebelumya.

Padatkan Permukaan Tanah

Setelah kaktus sudah tepat didalam lubang, kaktus kemudian di tekan ke dalam permukaan tanah. Untuk memadatkan, gunakan sendok teh sebagai alat bantu. Lakukan terhadap tanaman lainnya (tanaman sukulen) yang anda gunakan.

Semprot dengan Air Hangat

Setelah semua tanaman selesai ditanam, anda dapat menyemprotkann dengan air hangat pada bagian tanahnya agar tanah tidak terlihat kering untuk beberapa hari ke depan.

Tambahkan Detail

Sebagai dekorasi, anda dapat menghias tanaman kaktus anda dengan menambahkan beberapa item-item lain seperti pasir, kerikil, action figure, dan semacamnya. Hal ini untuk membuat tanaman kaktus anda lebih indah di pandang.

Cara diatas adalah penerapan bagi tanaman kaktus yang sudah ditanam sebelumnya. Jika anda ingin benar-benar memulai dari dasar, anda dapat melakukannya. Caranya adalah dengan melalui proses pembibitan. Pembibitan adalah tahapan yang sangat penting dan membutuhkan kehati-hatian. Anda bisa mendapatkan bibit kaktus di toko-toko tanaman atau anada dapat mendapatkannya sendiri dengan memilih bibit dari batang induk. Pastikan anda memilih bibit yang unggul dan tidak terdapat cacat fisik.