Tips Menanam Bunga Matahari Agar Cepat Berbunga

Tips Menanam Bunga Matahari Agar Cepat Berbunga

Bunga hias – Bunga matahari merupakan salah satu jenis bunga yang selalu bergerak mengikuti arah matahari.Bunga yang memiliki nama ilmiah helianthus ini memiliki beberapa mitos dan dipercaya melambangkan beberapa sifat seperti kebijaksanaan, kekuatan, dan ketulusan.

Bunga matahari juga memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan seperti mengobati infeksi saluran air kencing, radang saluran pernafasan, keputihan, mengurangi rasa nyeri sakit kepala dan pusing, batuk rejan atau pertussis, sakit gigi, rheumatik.

Bagi anda yang tertarik untuk menanam bunga matahari, cara menanam bunga ini sangat mudah. Bunga matahari memiliki ukuran kelopak yang besar untuk tanaman hias. Bunga ini juga bisa tumbuh dimana tergantung jenisnya. Bahkan biji bunga ini juga dapat dikonsumsi sebagai cemilan yang cukup lezat.

Tips Menanam Bunga Matahari Agar Cepat Berbunga

Bagi yang ingin mengetahui cara menanam bunga matahari dengan benar, anda dapat mengikuti petunjuk dibawah ini.

1. Mempersiapkan Benih Bunga Matahari

Pertama-tama anda harus melakukan pemilihan benih. Beberapa jenis bunga matahari yang terkenal yaitu yaitu:

  • Mammoth: Namanya seperti hewan purba. Dinamakan mammoth karena ukuran bunganya memang sangat besar. Biasa disebut giant sunflower. Diameter bunganya rata-rata 30cm. Kurang cocok untuk lahan kebun yang sempit.
  • Fiesta Del Sol: berukuran sedang dengan tinggi rata-rata 1 meter. Bunganya cantik berwarna orange atau kadang merah.
  • Autumn Beauty: Bunganya juga cukup besar, tumbuhsampai berdiameter 15 cm. Bunganya berwarna orange kemerah-merahan, merah, ataupun kadang coklat. Batangnya bisa tumbuh hingga 2 meter.
  • Bigsmile: termasuk bunga matahari kerdil. Tinggi batang hanya 30-40 cm saja. Lahanmu sempit? Tanam yang ini!
  • Sunbeam: Tinggi batangnya berkurang sedang, hanya 1,5 meter. Dengan diameter bunga rata-rata 10cm.
  • Teddy Bear: Jenis bunga matahari yang cukup kecil. Tinggi batang hanya mencapai 1 meter. cocokbila kamu mempunyai lahan yang sempit.
  • Dan beberapa jenis lainnya seperti Early Russian, Pacino Gold, Velvet Queen, Red Sun, Music Box, Giant Sungold, Moonwalker, Chocolate Sunflower, Valentine, Margarita Azul, Ring of Fire Sunflowers, Taiyo, Indian Blanket, Earth Walker, Cherry Rose

Semuanya sama-sama bunga matahari. Namun hasil yang didapatkan masing-masing berbeda tergantung iklim dan lahanmu.

2. Siapkan Lahan Terbuka

Menanam bunga matahari sebaiknya dilahan terbuka. pilihlah lahan yang terkena sinar matahari penuh langsung. Bunga matahari tumbuh dengan subur pada iklim hangat sampai panas. Iklim dengan musim panas yang panjang dan panas sangat cocok untuk menumbuhkan bunga matahari. Namun sesungguhnya bunga matahari dapat hidup dimana saja asal tekstur tanah subur dan rutin menerima penyiraman air.

3. Pilih Area Yang Terlindung Dari Angin

Bila memungkinkan, tempatkan ditempat yang terlindungi dari angin sama sekali. Misalnya di sepanjang pagar, di samping rumah, atau di belakang barisan pohon yang kuat.

4. Perhatikan PH dan Tingkat Penyerapan Tanah

Periksa pH tanah yang Kamu siapkan. Bunga matahari lebih cocok pada tanah yang sedikit asam sampai sedikit basa dengan pH antara 6,0 dan 7,5. Tetapi bunga matahari relatif elastis dan dapat tumbuh di sebagian besar jenis tanah. Pastikanlah tanah Kamu juga menyerap air dengan baik. Meskipun bunga matahari sangat elastis, satu hal yang dapat merusaknya ialah tanah yang banjir.

5. Tanam Bunga Matahari di Tanah Yang Baik

Bila anda menanam bunga matahari di lahan yang terbuka, sebaiknya memakai cara penanaman benih biji dengan memakai media lubang maksimun 1, 5 cm dengan tanah humus yang baik, yaitu yang sebelumnya sudah di basahi air.

6. Perhatikan Jarak Penanaman

Jarak yang ideal untuk menanam bunga matahariialah45cm. Anda harus detil memperhatikan hal ini, sebab bila jaraknya terlalu dekat akan memengaruhi proses tumbuh bunga matahari. Tetapi bila terlalu jauh, maka anda sudah melakukan pemborosan lahan.

Dalam setiap lubang anda dapat memasukkan 2 benih bunga matahari. Jangan sampai lupa untuk rutin melakukan penyiraman. Sekitar 14 hari kemudian anda dapat melihat kemajuan benih yang anda tanam.

7. Berikan Pupuk dan Siram Secara Teratur

Saat kamu selesai melakukan penanaman, jangan sampai lupa untuk memupuk bunga matahari yang anda tanam agar bisa tumbuh subur dan terhindar dari bermacam-macam hama. Ketika berusia 3 bulan maka tunas-tunas bunga matahari sudah mulai bermunculan. Anda dapat memotong tunas-tunas bunga yang dianggap kurang bagus dalam pertumbuhannya.