Tips dan Cara Merawat Bunga Potong Agar Awet

Tips dan Cara Merawat Bunga Potong Agar Awet

Bunga hias – Bunga potong adalah bunga yang dimanfaatkan sebagai bahan rangkaian bunga untuk berbagai keperluan dalam daur hidup manusia yaitu mulai dari kelahiran, perkawinan, dan kematian. Oleh karena itu bunga mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Tips dan Cara Merawat Bunga Potong Agar Awet

Selain digunakan untuk bahan rangkaian bunga, bunga potong juga merupakan sarana peralatan tradisional, agama, upacara kenegaraan, dan keperluan ritual lainnya. Bahkan dibutuhkan pula untuk berbagai keperluan industri makanan, minuman, obat maupun kosmetika atau minyak wangi. Kini masyarakat semakin terbiasa dengan pengiriman rangkaian bunga sebagai ungkapan perasaan suka maupun duka cita. Dengan demikian, permintaan bunga menjadi meningkat baik jumlah maupun jenisnya.

Namun sayangnya bunga potong tersebut dapat dengan cepat layu dan tidak harum lagi. Bahkan, kelopak bunga tersebut juga sampai rontok tak bersisa. Agar bunga potong dapat lebih awet, berikut ini kami berikan tips dan cara merawat bunga potong agar awet :

Lindungi Bunga Dari Serangga

Jika sudah menyusun bunga sesuai jenisnya, maka perlu melindungi bunga dari serangga atau hewan lain. Tidak semua serangga atau hewan lain menjadi hewan penganggu bagi tanaman. Hanya saja saat serangga atau hewan lain sudah merusak bunga anda tentunya serangga atau hewan lain tersebut bisa menjadi musuh. Beragam cara merawat bunga hidup di dalam rumah agar terhindar dari serangga. Pertama, hindari menyimpan bunga dekat dengan datangnya serangga atau hewan seperti jendela dan pintu. Serangga atau hewan lain seperti semut yang biasa ditemukan disekitar jendela dan pintu. Kedua, letakkan bunga ditempat yang cukup tinggi tetapi masih bisa dijangkau. Cara kedua ini membantu anda untuk menghindarkan bunga dari serangga yang tidak bisa terbang.

Simpan di kulkas atau diruangan yang dingin

Tapi perlu diingar jangan asal simpan bunga potong di kulkas atau ruangan dingin. Pertama, anda bisa menyimpannya sesuai dengan jenis bunga. Penyimpanan bunga potong sesuai dengan jenisnya lebih mudah karena bunga tidak perlu beradaptasi lebih ekstra dibandingkan dengan bunga potong yang disimpan bersamaan dengan bunga jenis lain.

Kedua, anda bisa mencoba cara menyimpan bunga kamboja agar tidak layu dan bunga potong jenis lain di dalam kulkas atau ruangan dingin dengan menyisipkan air dalam wadah ember supaya terjaga kelembaban dan kadar air pada bunga. Agar tidak terlalu basah, anda bisa mencobanya dengan menyimpan kain atau lap basah dan disimpan di bagian ujung tangkai bunga potong anda.

Ketiga, anda yang menyimpannya di kulkas atau ruangan dingin perlu memperhatikan kestabilan suhu ruangan. Hal tersebut guna membuat suhu kulkas atau ruangan dingin kalian tetap konstan dengan tidak ada perubahan suhu yang terlalu berbeda sekali tiap waktunya.

Susun Bunga Sesuai Kelompoknya

Susun bunga potong sesuai kelompoknya tidak hanya membuat bunga potong yang anda miliki menjadi terlihat lebih rapi saja, tapi anda juga lebih mudah mengatur bunga potong jika klauan memerlukan salah satu jenis bunga sesuai kebutuhan anda. Selain itu, cara ini bisa membantu menghindarkan bunga potong dari serangan hama atau penyakit dari jenis yang berbeda. Hama dan penyakit pada bunga tentunya sangat menganggu. Baik bunga yang masih ditanam dan bunga yang sudah dipotong intensitas terserang hama dan penyakit pasti ada. Pada bunga tertentu hama yang biasa menyerang adalah hama ulat. Hama ini bisa diatasi dengan cara mengatasi hama ulat pada tanaman dengan menyempotkan insektisida dan racun alami menggunakan daun sirsak.

Kemudian penyakit yang biasa menyerang tanaman bunga biasanya diserang jamur, virus dan bakteri. Gejala dan tanda yang dimunculkan dari serangan penyakit ini adalah berubahnya warna bunga yang ditanam atau potong. Cara menghilangkannya bisa disiasati dengan cara mengatasi hama embug yang disebabkan oleh jamur ini bisa diatasi dengan mengelap tanaman menggunakan lap basah supaya bunga tidak tertutupi oleh jamur.

Potong Bagian Bunga

Bunga potong yang biasa ditemukan di penjual bunga biasanya memiliki daun disekitar bunganya sedikit. Sedikitnya jumlah daun ini bertujuan mencegah bunga mengalami persaingan kadar air disetiap bagiannya. Karena hampir seluruh bagian bunga seperti batang, daun dan kelopak pasti terdapat air dengan jumlah yang berbeda.

Memotong bagian bunga tidak boleh sembarangan karena kalian perlu menjaga nilai estetika dari bunga potong kalian. Jika ada bagian bunga yang sudah layu atau berubah warna sebaiknya dipotong. Potong dengan menggunakan gunting stek atau gunting biasa agar hasil potongan bunga lebih rapi ketimbang memotongnya menggunakan tangan. Cara ini hampir sama dengan cara merawat bunga hand bouquet karena memotong bagian bunga untuk dijadikan hand bouquet justru sangat menguntungkan bagi bunga tersebut.