Tips dan Cara Menanam dan Merawat Pepaya Gading

Tips dan Cara Menanam dan Merawat Pepaya Gading

Bunga hias – Pepaya Golden Zene atau Pepaya Gading merupakan salah satu jenis pepaya yang memiliki keunikan, terutama disisi warnanya. Pepaya pada umumnya memiliki warna hijau saat masih muda dan merah ketika sudah matang. Namun pepaya gading ini memiliki warna kuning saat masih muda dan berubah menjadi warna jingga saat sudah matang. Bentuk pepaya golden ini mirip pepaya bangkok atau california. Pepaya jenis ini diduga berasal dari Meksiko.

Tips dan Cara Menanam dan Merawat Pepaya Gading

Pepaya mentah memiliki kandungan beberapa macam vitamin, diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C dan E. Selain itu, terdapat pula kandungan enzim magnesium, kalium, dan fitonutrien. Juga zat chymopapain dan papain yang baik untuk perut. Pepaya yang masih mentah ini memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, diantaranya membantu pencernaan dan bisa menghindari munculnya gas dalam pencernaan, membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, menangkal infeksi serta batuk, meredakan sembelit, meningkatkan produksi ASI, membantu menangani infeksi saluran kemih.

Tanaman pepaya ini dapat tumbuh hingga ketinggian 3 (tiga) meter, kebanyakan di tanam di pekarangan dan sedikit yang dibudidayakan secara intensif dikebun. Tanaman pepaya memiliki buah yang bergetah pada saat muda dan mulai berkurang pada saat matang atau tua. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya pepaya gading atau pepaya golden zene, berikut selengkapnya:

Cara Budidaya Pepaya Golden Zene atau Pepaya Gading

  • Syarat Tumbuh Pepaya Gading

Tanaman pepaya golden zene atau pepaya gading dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 1.000 meter diatas permukaan laut, memiliki curah hujan yang tinggi sekitar 1000 sampai 2.000 mm/tahun akan disukai pertumbuhan pohon papaya.

  • Pemilihan Bibit Pepaya Gading

Pilih buah yang memiliki bentuk, rasa, ketebalan serta ukuran yang bagus untuk dijadikan bibit yang unggul. Kemudian, pilih biji pepaya golden yang berwarna lebih gelap lalu dikeringkan.

Jika biji pepaya golden sudah dipilih, selanjutnya semai biji di polybag dan diletakkan di dekat kran air. Biarkan hingga sekitar 10 hari dengan keadaan tanah tempat menyemai bibit/benih itu tetap lembab.
Jika tidak ada tanah maka maka bisa dicampur pupuk organik sebanyak 70% dengan pasir sebanyak 30%.

  • Cara Menanam dan Merawat Pepaya Gading

Setelah bibit kira-kira berumur sekitar 2 bulan maka bibit siap untuk ditanam. Buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 30 cm.

Jika bibit dan lubang tanam sudah siap, bibit/benih tanaman pepaya ditanam pada lubang tanam dan diberi pupuk secukupnya. Setelah itu, lakukan penyiraman dengan air secukupnya hingga lembab.

Selanjutnya, berikan naungan/pelindung dari paparan sinar matahari langsung seperti jaring-jaring atau ranting. Jangan lupa tetap lakukan perawatan berupa pemupukan dan penyiraman secara rutin secukupnya, sesuaikan dengan keadaan tanah.