Teknik Menanam Tanaman Bougenville Yang Benar

Teknik Menanam Tanaman Bougenville Yang Benar

Bunga hias – Tanaman hias Bougenville atau yang sering disebut dengan bunga kertas merupakan bunga dalam family Nyctaginaceae. Bunga ini dikatakan bunga kertas karena memiliki bunga yang tipis dan tampak seperti kertas.

Bunga hias yang berasal dari Amerika Selatan tersebut memiliki keindahan dari bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena bunga yang tumbuh dapat rimbun.

Biasanya bunga ini selalu ditanam di taman atau kawasan perumahan. Pada saat tanaman Bougenville ini berbunga, tanaman hias yang satu ini memiliki kebiasaan dengan melepaskan beberapa lembar daunnya.

Untuk memperbanyak tumbuhan bougenville, bisa dilakukan dengan cara setek batak, okulasi, cangkok atau biji. Cara menanam bunga kertas yang bervariasi dapat memudahkan kita untuk menanamnya.

Proses pembenihan, hal yang utama harus dilakukan adalah saat menanam tanaman hias bougenville yakni harus menyiapkan terlebih dahulu benihnya. Benih yang baik dan berkualitas dapat didapatkan dari indukan yang berkualitas juga.

Indukan yang dipilih akan jauh lebih baik jika umurnya tua. Setelah menentukan indukan, lakukan pemotongan bunga dan jemur ke tempat yang panas dan pisahkan biji dari bunga untuk dijadikan benih.

Sesudah biji dan bunga didapatkan dan sudah kering dengan sempurna, dapat dilanjutkan dengan proses penyemaian. Proses ini dilakukan pada media yang terbuat dari campuran tanah, kompos, dan pasir yang seimbang.

Proses penyemaian ini membutuhkan waktu 3 sampai 7 hari sampai benih tumbuh dan mempunyai daun.

Pada proses pemindahan bibit, diperlukan kehati-hatian jangan sampai merusak akar yang terdapat pada bibit yang bisa mengganggu pertumbuhan bunga.

Media tanam bunga kertas bisa berasal dari campuran tanah, pupuk, kompos, dan pasir dengan perbandingan sama rata.