Teknik Menanam Bunga Sedap Malam dan Manfaatnya

Bunga hias – Bunga sedap malam merupakan salah satu jenis bunga yang sudah dikenal di Indonesia maupun Mancanegara. Bunga dengan aroma yang sangat khas ini biasanya hanya mekar saat malam tiba.

Jenis tanaman hias bunga yang satu ini di juluki sedap malam karena bunga ini memberikan aroma yang harum di malam hari.

Bunga ini sangat cocok dijadikan tanaman hias. Selain memiliki aroma yang harum dan khas, bunga sedap malam juga memiliki aneka warna yang menarik. Tanaman ini mempunyai beberapa warna varian yang diantaranya putih, merah dan kuning.

Di Indonesia, kebanyakan hanya menamam bunga yang berwarna putih. Cara menanam bunga sedap malam juga cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan lahan dan tanah yang sudah digemburkan.

Teknik Menanam Bunga Sedap Malam

Secara umum, tanaman ini cukup mudah untuk ditanam. Bunga sedap malam dapat ditanam secara langsung ditanah maupun menggunakan media tanam lain seperti pot atau polybag.

Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah dengan suhu pH tanah antara5-5,7. Meski bisa ditanam di daratan tinggi juga, bunga ini tidak akan berkembang dengan baik.

Proses Pembibitan Tanaman Sedap Malam

Untuk memperbanyak tanaman sedap malam bisa dilakukan dengan menanam umbinya. Salah satu ciri umbi yang bisa dijadikan bibit tanaman adalah usianya yang telah cukup tua, yakni sekitar 1,5 tahun dengan besar 1-2 cm. Setelah mendapatkan umbi tersebut, simpan bibit selama satu bulan penuh. Tujuan penyimpanan tersebut agar bibit mudah dalam bertunas, sehingga memperbesar keberhasilan ketika ditanam.

Menyiapkan Media Tanam

Seperti yang telah disinggung di awal bahwa tanaman ini cukup mudah untuk ditanam. Tanaman ini bisa langsung di tanam di tanah, tetapi untuk lebih baiknya Anda bisa menggunakan media tanam yang sesuai. Media tanam yang digunakan berupa campuran dari tanah, arang sekam, pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.

Campurkan semua media tanam dengan rata kemudian masukan ke dalam polybag atau pot. Usahakan polybag atau pot yang digunakan mempunyai lubang drainase air. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pembusukan pada akar tanaman karena adanya aktivitas penyiraman.

Proses Menanam Bunga Sedap Malam

Proses menanam tanaman ini cukup mudah, Anda cukup menyediakan lubang tanam sedalam 5 cm pada lahan yang telah disiapkan. Bila menggunakan media pot atau polybag usahakan menggunakan ukuran yang cukup besar agar tanaman mendapatkan space yang cukup untuk berkembang.

Masukan umbi tanaman ke dalam lubang tanam kemudian tutup dengan tanah dan padatkan area sekitar penanaman. Setelah umbi di tanam, lakukan penyiraman secara teratur agar umbi cepat tumbuh tunas. Jaga agar lahan tanam selalu lembab(tidak kering dan tidak basah)

Manfaat Bunga Sedap Malam

Teknik Menanam Bunga Sedap Malam dan Manfaatnya

Bunga sedap malam memang merupakan salah satu jenis tanaman hias bunga yang unik. Namun tidak hanya memiliki bunga yang indah serta aroma harum, bunga ini juga memiliki manfaat yang baik untuk manusia.

Selain menjadi tanaman hias, Bunga sedap malam juga bisa dijadikan untuk:
1. Sebagai campuran pada makanan
2. Campuran wewangian atau parfum
3. Mencegah insomnia
4. Meredakan radang tenggorokan
5. Untuk menambah tenaga dan stamina