Rambuan Obat Berbahan Dasar Bunga Bakung

Rambuan Obat Berbahan Dasar Bunga Bakung

Bunga hias – Tanaman bunga bakung atau yang biasa disebut bunga lily memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan. Hal tersebut lantaran bunga yang biasa dijadikan sebagai bunga hias dapat dijadikan sebagai obat herbal.

Hampir bagian bakung putih dapat dijadikan temuan untuk terapi pengobatan dan dapat disajikan secara segar maupun kering.

Berikut Rambuan Obat Berbahan Dasar Bunga Bakung

  • Sakit Gigi
    Cara meramu :Sediakan akar bakung putih seperlunya lalu tempelkan pada gigi yang terasa sakit. Bisa juga dengan merebus akar bakung putih, setelah dingin dipakai umtuk berkumur.
  • Mengobati Luka Memar
    Cara meramu : Ambil daun bunga bakung lalu olesi dengan minyak kelapa, kemudian layukan di atas api selanjutnya di tempelkan ke bagian yang sakit.
  • Digigit ular, keracunan
    Cara meramu : Cuci bersih 5-10 g umbi bakung, lalu tumbuk halus. Saring dan minum air tumbukan herba. Ampas bekas tumbukannya dapat ditempelkan dan dibalut pada bagian yang luka. Jika muntah-muntah menandakan herbanya beraksi dengan baik dan membantu keluarnya racun di tubuh.
  • Rematik, keseleo
    Cara meramu : Panaskan daun bakung sampai layu dengan api kecil, lalu tambahkan minyak wijen seperlunya. Tempelkan ditempat yang sakit.
  • Mengobati Borok ( Ulkustripikum )
    Cara meramu : Tumbuk halus daun bunga bakung segar secukupnya, kemudian peras dan ambil airnya. Airnya di balurkan merata ke bagian borok.
  • Melancarkan Buang Air Kecil
    Cara meramu : Daun bunga bakung di olesi dengan minyak kelapa, kemudian di tempelkan pada daerah kandung kencing.
  • Sakit pinggang (lumbago)
    Cara meramu : Haluskan daun bakung putih bersama jahe merah 10 g lalu oleskan pada pinggang yang sakit.
  • Frambusia/patek
    Cara meramu : Cuci dan haluskan biji dan buah herba bakung, kemudian campurkan tepung beras secukupnya, setelah itu oleskan pada tempat yang sakit.

Kandungan Zat Tanaman Bakung

Bakung putih mempunyai sifat tajam dan dingin, agak sedkit pedas juga sedikit beracun. Berkhasiat untuk merangsang muntah, antiswelling (Menghilangkan bengkak), analgesik (penghilang sakit), antelmintik (obat cacing), diaforetik (merangsang keringat), antidotum (penetral racun). Sedangkan umbi pada bakung putih mengandung alkoloid berupa likorin, inulin, krinin asetikronin, dan methylanthanilate.