Pengertian dan Jenis Tanaman Hias Akar

Pengertian dan Jenis Tanaman Hias Akar

Bunga hias – Tanaman hias akar masih menjadi tanaman hias yang banyak di gemari oleh banyak orang, terutama mereka yang menjadi pecinta tanaman. Tampilan yang cantik serta menawan sering menarik perhatian banyak orang lain. Jenis tanaman tersebut sering dipilih untuk menghias kolam, rumah, kebun sebagai dekorasi dan lain sebagainya.

Pengertian dan Jenis Tanaman Hias Akar

Beberapa dari tanaman hias tersebut sering mengeluarkan aroma yang segar, sehingga membuat lingkungan sekitar menjadi lebih asri dan sejuk. Aromanya yang segar itu mampu menenangkan suasana di dalam ruangan. Ada banyak jenis tanaman hias akar yang bisa anda pilih untuk menghiasi kolam atau taman dan pekarangan anda.

Secara psikologis memiliki dan memelihara tanaman hias merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, dan juga mampu menenangkan pikiran. Apalagi tanaman hias biasanya memiliki nilai ekonomis yang tinggi, dan sangat mudah dibudidayakan. Pengertian tanaman hias akar ini yaitu, jenis tanaman hias yang memiliki keindahan di bagian akarnya.

Jenis-jenis tanaman hias akar

Bonsai

Pada umumnya tanaman akar bonsai ini memiliki ketahanan yang lebih baik dibanding tanaman hias lainnya, dan memerlukan treatment atau perawatan khusus. Bagi anda yang memiliki lahan rumah yang tidak begitu luas, tanaman bonsai ini bisa menjadi alternatif atau pilihan yang paling pas karena bentuknya yang mungil dan tidak memakan tempat.

Beringin

Pohon beringin merupakan jenis tanaman atau pohon yang paling sering dijumpai di Indonesia, karena memang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Pohon ini banyak ditanam sebagai tanaman dekoratif, karena sering berada di wilayah tertentu seperti misalnya lapangan alun-alun atau lapangan umum yang berguna sebagai perindang.

Kamboja

Tanaman kamboja sering juga disebut sebagai tanaman adenium, yang memiliki banyak keunikan. Karena bentuk pohonnya yang beragam dan bunganya yang beraneka warna, tanaman hias akar yang satu ini memiliki bentuk akar yang sangat menarik. sehingga sering juga menarik perhatian para pecinta seni bonsai untuk mendesain dan menata akarnya.

Ficus Benjamina

Ficus benjamina merupakan nama latin dari contoh tanaman hias akar yaitu tanaman beringin, yang juga sering dikenal dengan nama waringin. Kini tanaman beringin ini sering digunakan sebagai tanaman hias akar di dalam suatu ruangan, dengan jenis daunnya yang bercorak loreng. Tanaman beringin memiliki akar yang menjulur dari atas sampai ke bawah, dan menjadikannya ciri khas unik.

Ficus Elastica

Ficus elastica atau yang sering kita kenal dengan nama tanaman karet kebo, adalah salah satu tanaman hias akar yang paling populer hingga ke penjuru dunia. Tanaman ini juga bisa tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. tanaman fiscus elastica ini adalah jenis tanaman yang memiliki sistem perakaran akar tunggang.

Artacarpus altilis

Tanaman artacarpus atau yang sering disebut dengan tanaman sukun merupakan tanaman yang serbaguna, dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Tanaman pohon ini tingginya bisa mencapai 30 m, namun tinggi rata-ratanya hanya sekitar 12-15 m saja. Sukun dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim basah.