Pengertian dan Jenis Bunga Populer di Indonesia

Bunga hias – Bunga atau yang biasa disebut kembang merupakan alat reproduksi pada tumbuhan berbunga. Pada bunga biasanya terdapat benang sari dan putik. Benang sari dengan serbuk sari sebagai reproduksi jantan sementara putik yang terdapat dibagian tengah bunga sebagai reproduksi betina.

Bunga yang Lengkap Memiliki Bagian-bagian sebagai berikut :

Pengertian dan Jenis Bunga Populer di Indonesia

  • Tangkai Bunga merupakan bagian yang berada di bawah bunga. Tangkai ini berfungsi sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang / ranting.
  • Dasar bunga sebagai tempat kedudukan bunga.
  • Kelopak Bunga merupakan bagian terluar yang melindungi mahkota bunga ketika masih berbentuk kuncup. Biasanya, bentuk dan warnanya menyerupai daun.
  • Mahkota Bunga umum nya memiliki warna bermacam-macam sehingga disebut perhiasan bunga. Dengan warna yang menarik ini dapat berfungsi untuk memikat kupu-kupu atau serangga lainnya agar hinggap pada bunga. Serangga tersebut akan membantu proses penyerbukan.
  • Benang sari dan serbuk sari merupakan alat reproduksi jantan.
  • Putik adalah bagian yang dikelilingi oleh benang sari. Putik berfungsi sebagai alat reproduksi betina. Putik terdiri atas tangkai putik dan kepala putik.

Untuk para pecinta tanaman hias, tentunya menginginkan tanaman hias yang anda miliki indah dan cantik. Berikut beberapa Jenis Bunga Populer di Indonesia:

1. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek

Anggrek bernama latin Orchidaceae, merupakan salah satu suku tanaman berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar. Anggrek dikenal sebagai tanaman hias populer yang dimanfaatkan bunganya. Bunga anggrek sangat indah dan variasinya hampir tidak terbatas.

Anggrek biasa dijual sebagai tanaman pot maupun sebagai bunga potong. Indonesia memiliki kekayaan jenis anggrek yang sangat tinggi, terutama anggrek epifit yang hidup di pohon-pohon hutan, dari Sumatera hingga Papua. Anggrek bulan adalah bunga pesona bangsa Indonesia.

2. Bunga Mawar

Bunga Mawar

Mawar merupakan jenis tanaman semak yang bergenus Rosa L. Tanaman ini memiliki 100 lebih spesies, umumnya spesies mawar adalah tanaman yang berduri dan memanjat yang tingginya dapat mencapai 2-5 meter. Mawar memiliki ciri Bunganya terdiri dari 5 helai daun mahkota, kecuali genus Rosa sericea yang hanya memiliki 4 daun mahkota. Sebagian besar mawar memiliki warna merah, putih, pink, kuning dan biru pada beberapa spesies.

Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah beriklim sedang. Beberapa kultivar mawar merupakan hasil metode penyambungan (grafting) dan dapat tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis. Bunga mawar memiliki nilai ekonomis yang tinggi, sering dijadikan sebagai potongan bunga, tanaman hias, hingga bahan parfum.

3. Bunga Aster

Bunga Aster

Bunga Aster berasal dari Tiongkok dengan tinggi rata-rata 30-70 cm. Bunga ini sangatlah mudah didapat dan tidak mengenal musim untuk berbunga. Rata-rata umurnya dapat mencapai satu tahun.

Sekilas bunga ini bentuknya mirip dengan bunga matahari, namun bunga aster memiliki daun bunga yang bersusun dengan banyak warna mulai dari merah muda, putih, biru, ungu, juga warna lain di mana tengahnya biasanya berwarna kuning.

4. Bunga Melati

Melati adalah sejenis tanaman hias bunga berupa perdu berbatang tegak yang dapat hidup menahun. Bunga ini merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam famili zaitun (Oleaceae). Ada sekitar 200 spesies tumbuhan melati asli dari daerah beriklim tropis dan dari Eurasia, Australasia hingga Oseania. Bunga melati dibudidayakan sebagai tanaman hias dan untuk aroma khas bunga seperti teh melati.

Bunga Melati

Di Indonesia bunga melati dikenal sebagai “Puspa Bangsa” atau simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), yang merupakan lambang kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari suku di Indonesia. Salah satu nya adalah dalam budaya suku jawa dan sunda sering digunakan sebagai hiasan rambut pengantin dalam upacara pernikahan.

5. Bunga Seruni

 Bunga Seruni

Seruni disebut juga dengan bunga krisan (Chrysanthemum sp) adalah sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan rumah dan kebun. Sama seperti bunga Sakura, seruni juga merupakan Bunga nasional Jepang, dalam bahasa Jepang disebut “kiku” karena aromanya yang wangi.