Pengenalan dan Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Bunga hias – Tanaman lidah mertua memiliki nama latin Sansevieria merupakan jenis tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Tanaman jenis ini juga banyak digunakan sebagai penghias di dalam ruangan karena lidah mertua bisa tumbuh meski dalam kondisi sedikit air dan cahaya matahari.

Ciri fisik tanaman lidah mertua ialah daun yang memanjang dengan warna hijau serta bintik-bintik putih di atasnya.

Tanaman yang cukup populer di Indonesia ini juga sering disebut pedang-pedangan, karena bentuknya runcing seperti pedang.

lidah mertua

Menanam Tanaman Lidah Mertua

Untuk membudidayakan jenis tanaman yang satu ini cukup mudah, karena lidah mertua merupakan tanaman yang memiliki daya adaptasi cukup tinggi terhadap lingkungannya. Artinya tanaman ini dapat tumbuh dengan subur dimana saja.

Tanaman lidah mertua juga banyak di temui di negara dengan 4 musim seperti Amerika, Jepang dan negara-negara di Benua Eropa.

Untuk menanam tanaman ini cukup memerlukan media tanam dengan dicampur sedikit pupuk kemudian di masukan ke dalam wadah seperti pot atau barang bekas seperti botol plastik, ember dan lain sebagainya.

Untuk perawatan tanaman lidah mertua ini juga mudah, anda tidak perlu menyiram tanaman ini setiap hari karena ia akan tetap tumbuh subur meskiput mendapat jumlah air yang minim.

Meskipun tanaman ini bisa dijadxikan tanaman hias di ruangan, namun anda juga harus mengeluarkannya untuk beberapa saat agar mendapat supplay matahari. Tujuannya ialah agar tanaman ini tidak layu dan warna daun akan tetap cerah.

Manfaat Tanaman Lidah Mertua

  • Menyerap polusi udara
  • Menetralisir udara di dalam ruangan
  • Menyerap bau tidak sedap
  • Untuk dijadikan obat kulit
  • Tanaman lidah mertua sebagai obat herbal