Pembiakan Gelombang Cinta Dengan Metode Split

Pembiakan Gelombang Cinta Dengan Metode Split

Bunga hias – Sebelumnya sudah dibahas tentang penjelasan tentang Tanaman Hias Daun Gelombang Cinta serta bagaimana cara menanam tanaman tersebut. Tanaman gelombang cinta juga termasuk dalam kategori tanaman anthurium.

Secara garis besar anthurium dibedakan menjadi dua yaitu anthurium daun dan anthurium bunga.

Anthurium daun mempunyai daya pikat terutama dari bentuk-bentuk daunya yang istimewa. Sedangkan anthurium bunga lebih menonjolkan keragaman bunga baik hasil hibrid ataupun spesies.

Namun yang kali ini akan dibahas ialah bagaimana proses pembiakan tanaman hias gelombang cinta dengan menggunakan metode split.

Pembiakan Gelombang Cinta Dengan Metode Split

Agar proses split berhasil sesuai keinginan, beberapa hal juga harus diperhatikan yang diantaranya:

1. Tanaman yang akan displit (pemisahan maupun potong bonggol) harus dalam kondisi sehat bebas dari gangguan hama penyakit maupun kurang nutrisi. Bila terserang jamur maka harus diobati dulu sampai betul-betul pulih.

2. Tempatkan tanaman maupun bonggol yang baru displit ditempat yang teduh bebas dari sinar matahari sampai pertumbuhan tunas terlihat.

3. Pakai pisau yang tajam dan steril untuk menghindari kebusukan pada bekas luka pemotongan.

4. Kelembaban media tanam perlu dijaga jangan sampai terlalu basah, dapat menggunakan pasir sebagai campuran

5. Berikan Fungisida/ Anti jamur pada luka potongan.

6. Pada bonggol yang timbul beberapa tunas jangan tergesa-gesa untuk memisahkannya. Tunggu sampai muncul 2-3 daun.

7. Bila beberapa tunas baru tidak tumbuh seimbang (yang satu telah besar sedangkan yang lain pertumbuhannya berhenti) pisahkan dengan menyisakan akar yang lebih banyak untuk tunas yang lambat tumbuhnya.

8. Berikan nutrisi perangsang tumbuhnya akar dan tunas dengan dosis yang betul.

Pembiakan Gelombang Cinta Dengan Metode Split

Anthurium sebaiknya ditempatkan di tempat semi teduh. Tepatnya, tempat dengan intensitas cahaya antara 30-40%. Contohnya, di teras rumah, halaman rumah di bawah pohon pelindung, atau ruangan dalam dekat jendela

Jika tanaman ini ditaruh didalam rumah, sebaiknya ditaruh dekat dengan jendela yang dapat terkena cahaya matahari. Bahkan jika perlu, setidaknya 3 hari sekali atau 1 hari penuh, tanaman anthurium ini harus dikeluarkan dari dalam ruangan.

Sebab jika tanaman anthurium terlalu lama dalam ruangan akan membuat daun-daunnya pucat. Bahkan ruangan yang ber-AC dapat membuat daun menjadi kering dan warna hijau yang dimiliki akan menjadi pucat.