Mnafaat Jenis Tanaman Buah Zaitun

Mnafaat Jenis Tanaman Buah Zaitun

Melawan infeksi
Buah zaitun sangat kaya akan antioksidan, seperti oleuropein, hydroxytyrosol, tyrosol, asam oleonalik, quercetin. Buah zaitun dapat mengurangi kerusakan oksidatif dalam tubuh dan membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Meningkatkan kesehatan jantung
Buah zaitun mengandung asam oleat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengatur kadar kolesterol dan melindungi kolesterol LDL dari oksidasi, serta dapat membantu mengurangi tekanan darah. Kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Kandungan hydroxytyrosol pada buah zaitun juga dapat melindungi jantung. Antioksidan ini bertindak sebagai antikoagulan untuk menipiskan darah, yang mengurangi kemungkinan pembekuan darah dan menghalangi aliran darah.

Memperbaiki kesehatan tulang
Osteoporosis ditandai dengan penurunan massa tulang dan kualitas tulang. Hal ini dapat meningkatkan risiko patah tulang. Tingkat osteoporosis lebih rendah di negara-negara Mediterania (yang rajin makan buah zaitun) daripada di negara-negara Eropa lainnya, yang menyebabkan peneliti berspekulasi bahwa buah zaitun mungkin bersifat protektif untuk tulang. Beberapa senyawa yang ditemukan pada buah zaitun dan minyak zaitun telah terbukti membantu mencegah keropos tulang pada hewan percobaan.

Mencegah kanker
Kandungan antioksidan dan asam oleat yang tinggi pada buah zaitun, dapat membantu mengurangi risiko kanker. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian bahwa buah zaitun dapat mengganggu siklus hidup sel kanker di payudara, usus besar dan perut. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Buah zaitun memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, hanya sebanyak empat sampai enam persen. Sebagian besar karbohidrat ini terdiri dari serat. Ada sebanyak 52 sampai 86 persen serat yang dihasilkan dari total kandungan karbohidrat dalam buah zaitun.