Mengenal Jenis Tanaman Hias Bunga Gloriosa

Mengenal Jenis Tanaman Hias Bunga Gloriosa

Bunga hias – Tanaman hias bunga gloriosa biasa disebut dengan kembang sungsang karena perhiasan bunga, putik dan benang sari yang menunduk ke bawah. Sedangkan mahkota bunganya membalik ke atas dan terlihat terbaik dibanding dari morfologi bunga biasanya.

Kembang Sungsang atau yang biasa disebut dengan Gloriosa superaba merupakan salah satu jenis dari 6 jenis kembang Gloriosa simplex L, Gloriosa minor Rendir, Gloriosa carsonii Baker, Gloriosa virescens Lindl, Gloriosa plantiiloud ,Gloriosa baudii dalam genus Gloriosa dan suku Colchicaceae.

Mengenal Jenis Tanaman Hias Bunga Gloriosa

Bunga ini berasal dari daerah tropis di benua Asia dan Afrika. Tanaman tersebut sangat menyenangi tempat terbuka yang terpapar sinar matahari penuh.

Kembang Sungsang dapat tumbuh liar di semak belukar dan hutan jati. Namun kadang ditanam sebagai tanaman hias yang dirambatkan pada pagar.

Struktur Tanaman Bunga Gloriosa

Akar Bunga Gloriosa

Bunga Gloriosa mempunyai sistem perakaran serabut (radix aventicia), berwarna keabu-abuan.

Batang Bunga Gloriosa

Arah tumbuh bunga sunsang memanjat (scandens) dengan bantuan daun melilit. Bentuk batangnya bulat (teres), permuaan bantang rata (laevis) batang warnanya hijau.

Daun Gloriosa

Daun Gloriosa superba tidak kompleks yang terdiri atas helaian daun dan pelepah daun. Bangun daun bulat memanjang, pangkal daun berbentuk jantung, ujung daun sungut, tulang daun melengkung, tepi daun rata, duduk daun tersebar.

Daun tanaman ini merupakan daun berujung runcing dengan ujung lanset dan pangkal daunnya memeluk batang dengan tepi yang rata. Panjang daun mencapai 8-25 cm, lebar sekitar 1-4 cm dan warnanya hijau.