Manfaat Tanaman Hias Buah Jeruk Nagami

Manfaat Tanaman Hias Buah Jeruk Nagami

Bunga hias – Jeruk nagami merupakan jenis tanaman hias buah yang memiliki bentuk lonjong dan berukuran kecil. Tanaman hias ini adalah tanaman yang paling sering berbuah dan buah dari tanaman ini juga dapat dikonsumsi.

Jeruk nagami dapat dikonsumsi langsung dengan kulitnya. Jika kebanyakan kulit buah jeruk rasanya asam dan pahit, maka untuk kulit buah jeruk ini rasanya manis dan lebih manis dari isinya.

Di Singapura, buah jenis ini sering digunakan untuk manisan atau asinan. Nagami merupakan salah satu varian buah Kumquat selain Marumi. Pohon kumquat adalah salah satu jenis pohon berbunga dan dapat tubuh hingga 2 setengah hingga 4 setengah meter.

Daun pada tanaman ini berwarna hijau yang mengkilap, berbunga putih mirip bunga jeruk pada umumnya. Jika ingin memperbanyak tanaman hias ini dapat dilakukan dengan cara okulasi.

Aroma dan rasa yang menyerupai jeruk, kemudian kumquat variates nagami ini akhirnya disebut dengan Jeruk Nagami.

Manfaat Tanaman Hias Buah Jeruk Nagami

Jeruk nagami ini memiliki nutrisi, dimana daunnya mengandung banyak minyak atsiri. Buahnya mengandung gula, asam organik dan kaya akan serat seperti vitamin A, B, dan C. tidak hanya itu kalsium dan zat besi serta mineral juga terdapat pada buah ini.

Manfaat jeruk untuk obat / pengobatan penyakit:

Selain rasanya manis dan memiliki banyak kandungan nutrisi, tanaman jeruk nagami juga memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit seperti:

  • Pilek
  • Batuk
  • Diare
  • Demam
  • Gangguan Limpa
  • Radang Tenggorokan

Selain itu buah jeruk ini mengandung 100 kalori dalam 1 butir jeruknya, sehingga sangat cocok digunakan sebagai makanan pendaming saat sedang melakukan diet.