Manfaat Tanaman Buah Anggur Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Buah Anggur Untuk Kesehatan

Anggur kaya akan senyawa resifatrol fitokimia polifenolik. Resveratrol adalah salah satu anti oksidan yang kuat yang telah ditemukan berperan protektif terhadap kanker usus besar dan prostat, penyakit jantung koroner (PJK), penyakit saraf degeneratif, penyakit Alzheimer dan infeksi virus / jamur.

Resveratrol menurunkan risiko stroke dengan mengubah mekanisme molekuler di dalam pembuluh darah. Hal itu terjadi, pertama dengan mengurangi kerentanan pembuluh darah melalui aktivitas angiotensin yang menurun (hormon sistemik yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang sebaliknya dapat meningkatkan tekanan darah) dan kedua, melalui peningkatan produksi zat vasodilator, oksida nitrat (senyawa bermanfaat yang menyebabkan relaksasi pembuluh darah).

Anthocyanin adalah kelas antioksidan polifenol yang hadir dengan berlimpah pada anggur merah. Fitokimia ini telah ditemukan memiliki aktivitas anti-alergi, anti-inflamasi, anti-mikroba, serta anti-kanker.

Katekin, sejenis kelompok tanin flavonoid tannin anti-oksidan, yang ditemukan dalam varietas putih / hijau juga terbukti memiliki fungsi perlindungan kesehatan ini.Selain itu, buah anggur sangat rendah kalori. 100 g anggur segar hanya menghasilkan 69 kalori namun kadar kolesterolnya nol.

Anggur adalah sumber mineral mikronutrien yang kaya seperti tembaga, besi, dan mangan. Tembaga dan mangan merupakan kofaktor penting enzim antioksidan, superoksida dismutase. Besi terutama terkonsentrasi pada kismis. Selain itu, 100 g anggur segar mengandung 191 mg elektrolit yang bermanfaat bagi kesehatan, kalium.

Buah anggur adalah sumber vitamin C, vitamin A, vitamin K, karoten, vitamin B kompleks yang baik, seperti pyridoxine, riboflavin, dan thiamin.

Manfaat Anggur Mengatasi Berbagai Penyakit
Manfaat anggur mampu mencegah timbulnya penyakit pada tubuh. Berikut ini beberapa contohnya :

1. Sumber Gula Darah Yang Baik
Tidak semu buah memiliki regulasi gula darah, seperti yang terdapat di dalam manfaat buah semangka memiliki kadar glikemik yang cukup tinggi sekitar 70-75, yang tidak terlalu cocok untuk dimakan orang yang memiliki masalah keseimbangan gula darah. Pada buah anggur hanya tersaji sekitar 43-53 kadar glikemik yang menunjukkan kadar glikemik yang rendah. Pada studi yang dikembangkan saat ini, keseimbangan gula darah yang baik ini berkaitan dengan kandungan phytonutrisi di dalam anggur.

2. Bahan Anti Mikroba

Kandungan antioksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Pada penelitian memang belum menemukan bagaimana zat anti mikroba ini di dapat dari dalam buah anggur. Zat ini membantu tubuh dalam mencegah masalah yang terkait karena mikroba makanan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Pada penelitian pada buah anggur menunjukkan bahwa kandungan zat resveratrol ini, memiliki kegunaan untuk meningkatkan pelebaran pembuluh darah, yang memberikan kesempatan untuk darah dapat mengalir lebih mudah.

Penelitian tersebut juga ditunjukkan saat keadaan tubuh yang santai, dengan dinding pembuluh darah yang lebih besar, sehingga menurunkan tekanan darah atau saat darah mengalir melalui semua area tubuh dengan volume tekanan yang tinggi. hal ini bermanfaat dalam peningkatan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh.