Manfaat Jenis Tanaman Hias Buah dan Daun Salak

Manfaat Jenis Tanaman Hias Buah dan Daun Salak

Salak merupakan tanaman jenis buah yang sudah tidak asing lagi, rasanya yang manis dan kulit serta pohonya berduri. Salak merupakan tumbuhan buah yang hamper dikatakan tidak mengenal musim, sepanjang tahun selalu berbuah.

Indonesia merupakan penghasil salak terbesar, buah salak sangat diminati di hamper seluruh Negara, karena rasanya yang manis dan segar. Selain rasanya yang enak, salak mempunyai kandungan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, diantara kandungan yang tersimpan dalam salak ialah saponin, tannin, kalsium dan flavonoida.

Jenis salak ini berbeda-beda, ada salak pondoh, salah local, salak bali salak klawu, dan salak condet, dari jenisnyapun berbeda, misalnya jenis salak pondohpun ada salak pondok lumut, salak pondok menggala, salak pondoh madu dll. di daerah tempat saya tinggal di Banjarnegara, Jawa Tengah salak merupakan penghasilan utama petani, terutama untuk Banjarnegara daerah timur dan tengah. Sehingga untuk dapat menikmati salak tiap haripun bisa.

Salak selain dikonsumsi langsung dalam bentuk buah segar, salak bisa diolah menjadi makanan yang bermacam-macam, misalnya bisa dijadikan kripik salak, jenang salak, manisan salak dll.

Dan buah salak sudah terkenal sebagai obat diare atau mencret, biasanya yang dipakai adalah salak local, yang rasanya agak sepat. Salak juga bisa dijadikan obat untuk mengobati mata, karena salak mengandung betakarotin, dan zat betakarotin ini kalau dalam sayuran terdapat dalam sayur wortel.

Manfaat Daun Salak Untuk Kesehatan

Salak, Selain buahnya, daunya juga mempunyai manfaat untuk berbagai penyakit. Diantaranya untuk mengobati ambeien dan wasir

Caranya dengan merbus daun salak yang masih agak muda kemudian airnya diminum. Pagi dan sore secara teratur.

Ada juga menurut penelitian dari ITB, menemukan kandungan obat yang terdapat dari daun salak untuk mengobati penyakit ginjal kronis, caranya rebusan daun salak tersebut diminum berturut-turut selama satu minggu.