Manfaat dan Khasiat Bunga Nagasari Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Bunga Nagasari Untuk Kesehatan

Bunga hias – Pohon Nagasari atau dewadaru merupakan tanaman dari suku Clusiaceae yang nilai utamanya terdapat pada kayunya. Dalam bahasa Inggris, tanaman nagasari disebut juga Ceylon ironwood, cobra’s saffron, indian rose chestnut.

Tanaman hias yang berasal dari Sri Lanka tersebut menjadi pohon nasional disana dan tanaman ini dapat dikatakan salah satu jenis tanaman yang langka di Indonesia.

Nagasari kerap disamakan dengan pohon kayu besi karena kayunya yang berat dan juga dapat berkarat. Kayu berkualitas tinggi yang digunakan untuk meubel seperti lantai, kursi dan meja ini semakin langka karena pertumbuhan nagasari termasuk lambat.

Bunga nagasari memiliki benang sari yang terlihat jelas di bagian tengahnya, diameter bunga mencapai 4 hingga 8 cm. Buah nagasari dapat dimakan, bijinya sendiri mengandung minyak nabati yang dapat digunakan dalam beberapa varian makanan.

Manfaat dan Khasiat Bunga Nagasari Untuk Kesehatan

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam biji bunga nagasari, diantaranya saponin, minyak lemak, asam damar beracun, zat pahit, flavonoid dan tannin.

Kulit batangnya mengandung saponin, minyak lemak, asam damar beracun, zat pahit, flavonoid, dan tannin. Benang sarinya mengandung minyak terbang, zat samak dan zat pahit. Sementara itu daunnya mengandung saponin, minyak lemak, saponin, asam dammar beracun, zat pahit dan polifenol.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya Biji, kulit batang, bunga, dan daun nagasari dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit yang diantaranya:

Obat kencing

Bersihkan 20g biji nagasaki kering, lalu bakar hingga menjadi arang. Tumbuk halus biji yang telah dibakar,tambahkan air hingga lembek dan tempelkan pada tubuh yang sakit dan balut dengan kain basah.

Diare, ekspektoran, dan penyakit jiwa

Cuci 7 tangkai bunga nagasari, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Eksim dan rematik

Bersihkan 20 g biji nagasari kering, lalu bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus biji yang telah dibakar, tambahkan air sampai lembek, lalu tempelkan pada tubuh yang sakit dan balut dengan kain bersih.

Kelenjar gondok

Tumbuk halus 20 g biji nagasari, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang membengkak.