Manfaat Bunga Dahlia Bagi Kesehatan

Manfaat Bunga Dahlia Bagi Kesehatan

Bunga hias – Bunga dahlia merupakan tanaman perdu berumbi yang sifatnya tahunan serta berbunga dimusim panas hingga musim gugur. Bunga ini juga menjadi bunga nasional di Meksiko.

Dahlia adalah jenis tanaman hias bunga yang berupa tumbuhan tahunan yang tegak. Di Eropa budidaya dimulai sejak tahun 1789 dari Royal Botanical Garden di Madrid, Spanyol dan menyebar ke Eropa Barat.

Meski perkembangannya terlambat, di tahun 1841 telah terdapat lebih dari 1200 varian. Bunga dahlia didatangkan ke Jawa Barat dari Belanda pada masa penjajahan di abad ke 19. Saat ini tanaman ini menjadi komuditi bunga potong/bunga pot yang penting di beberapa belahan dunia.

Tanaman ini juga termasuk yang telat dikembangbiakan. Tahun 1872, Belanda menerima sekotak umbi dahlia dan yang berhasil berbunga dengan daun bunga yang runcing.

Meski demikian, Bunga dahlia ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Bunga dahlia kaktus yang berwarna putih selalu diperjualbelikan sebab merupakan jenis bunga yang banyak digunakan untuk merangkai bunga dukacita. Jenis dahlia lain yang kaya warna dijual dalam polibag untuk dipakai sebagai tanaman diluar rumah.

Bunga dahlia yang merupakan tanaman berumbi, mengandung hampir 70% pati dalam bentuk inulin. Inulin murni hasil ekstraksi dari ubi dahlia dimanfaatkan dibidang kedokteran. Bila inulin difermentasi oleh enzim tertentu atau oleh jamur tanah, inulin tersebut akan berubah menjadi frukosa yang merupakan suatu gula yang banyak dipakai untuk pengawetan makanan atau bahan dasar sirup.