Manfaat Bunga Anggrek Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Bunga Anggrek Bagi Kehidupan Manusia

Bunga hias – Bagi para pecinta tanaman hias bunga ataupun masyarakat awam, tentunya familiar sekali dengan jenis bunga anggrek. Bunga anggrek adalah salah satu jenis bunga hias bunga yang memiliki pesona yang indah.

Banyak sekali jenis yang ada di dunia ini, namun bunga anggrek yang paling populer adalah jenis anggrek bulan. Di Indonesia jenis anggrek bulan sangat disukai oleh kawula muda karna mreka menjadikan bunga ini sebagai hadiah spesial untuk yang dicintainya.

Tidak sedikit orang yang membudidayakan tanaman anggrek ini. Perlu diketahui jika proses merawatnya, lingkungannya menjadi faktor utama dalam merawat tanaman anggrek.

Banyak orang yang belum mengetahui manfaat dari bunga anggrek selain menjadi tanaman hias. Berikut ini kami berikan ulasan mengenai manfaat bunga anggrek bagi kehidupan manusia.

Bunga anggrek sebagai simbol

Pada umumnya, anggrek dijadikan sebagai simbol perasaan cinta, keindahan dan kemewahan. Namun bangsa Yunani menganggap anggrek sebagai simbol kejantanan. Sedangkan pada zaman dahulu kala bangsa Tiongkok menyakini bahwa anggrek merupakan tanaman yang dapat mengeluarkan aroma harum dari tubuh Kaisar mereka.

Bunga anggrek sebagai tanaman obat herbal

Dahulu pada zaman pertengahan, tanaman hias anggrek memiliki manfaat penting sebagai pengembangan sistem pengobatan dari tumbuhan atau sekarang yang lebih dikenal pengobatan herbal.

Terutama di wilayah Cina, sudah sejak tahun 2800 SM anggrek dijadikan salah satu sumber obat-obatan herbal. Jenisnya yang dijadikan sebagai pengobatan adalah jenis anggrek Gastrodia Elata.

Bunga anggrek sebagai sumber makanan

Salah satu anggota dari suku anggrek-anggrekan yang dapat dimanfaatkan buahnya adalah Vanili (Vanilla Planifolia). Namun di beberapa negara memanfaatkan anggrek jenis Dendrobium sebagai olahan makanan.

Contoh : Singapura dan Thailand, bunga anggrek dimanfaatkan sebagai salah satu produk olahan makanan ringan yang nikmat. Bangsa Eropa, mengkonsumsi bunga anggrek dalam bentuk sebagai hiasan makanan (Garnish). Suku Aborigin juga memanfaatkan bunga anggrek sebagai pengganti bahan pangan pokok saa terdesak.

Bunga anggrek sebagai penghilang polusi udara

Beruntung lah kamu yang menanam tanaman bunga anggrek di halaman rumah, karena bermanfaat dapat membasmi racun yang terkandung dalam polusi udara. Dengan menanamnya, maka rumah kamu akan tercipta lingkungan yang sehat dan bersih, sehingga nyaman saat berada di rumah.