Jenis Tanaman Hias Untuk Balkon Rumah

Jenis Tanaman Hias Untuk Balkon Rumah

Bunga hias – Kehadiran balkon pada dirumah tinggal dapat mendatangkan begitu banyak manfaat. Terlebih dari segi estetika yang membuah rumah nampak lebih memikat. Dulu balkon sering kali diterapkan pada berbagai desain rumah modern eropa. Namun sekarang berbagai desain rumah minimalis juga sering menggunakan balkon, termasuk rumah minimalis sederhana.

Jenis Tanaman Hias Untuk Balkon Rumah

Saat ini balkon rumah kerap dijadikan kebun. Terobosan ini muncul karena adanya lahan pemukiman yang semakin menipis serta kebutuhan manusia akan penghijauan di rumah. Untuk menambahkan tanaman hias pada balkon, ternyata tidak semua jenis tanaman dapat Anda gunakan. Terdapat jenis-jenis tertentu yang sebaiknya Anda gunakan untuk menghias balkon rumah.

Berikut Jenis Tanaman Hias Untuk Balkon Rumah :

Tembelekan atau Lantana Camara

Tanaman yang berasal dari Amerika ini dapat tumbuh di tempat-tempat tandus. Selain sebagai tanaman hias, tanaman tembelekan juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Ciri khas tanaman ini adalah daunnya yang berbentuk bulat telur serta bagian ujungnya yang runcing serta sisinya yang bergeligi. Bunga ini tersedia dalam warna putih, merah muda, jingga, kuning dan masih banyak lagi.

Pentas atau Pentas Hibrida

Bunga pentas biasanya memiliki tampilan yang menawan. Bunga ini biasa juga dikenal dengan istilah egyptian star yang menyerupai soka serta memiliki bentuk daun yang mirip dengan daun kemangi. Sebagai tanaman hias, pentas dapat tumbuh berbunga di berbagai macam musim. Jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan kondisi iklim lingkungan Anda.

Tapak Dara atau Vinca Rosea

Tapak dara sangat menyukai tempat-tempat terbuka, sehingga sangat cocok digunakan sebagai tanaman hias untuk balkon. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian sekitar 0,2 -1 meter, dengan bentuk daun yang bulat seperti telur dan tersusun menyirip secara berselingan. Batang dan daun tanaman tapak dara memiliki kandungan lateks yang berwarna putih.

Petunia

Petunia sebenarnya masih termasuk dalam satu famili yang sama dengan tanaman terong. Tanaman ini memiliki daun yang berbelu yang bentuk bunganya menyeripai terompet. Tanaman petunia biasanya tumbuh di daerah pegunungan, sehingga untuk menanamnya di rumah Anda dapat menggunakan pot atau langsung ditancapkan pada tanah. Petunia juga cocok digunakan untuk menghias pagar rumah Anda, lho!

Calathea

Calathea memiliki ciri khas daun yang muncul dari roset pusat serta beberapa dapat tumbuh dari batang yang pendek. Warna daunnya bisa berwarna hijau atau merah keungungan. Tanaman ini sebenarnya cukup sensitif terhadap kegelapan, untuk itu peletakkannya di balkon rumah sangatlah tepat. Namun jika sudah malam Anda harus memasukan calathea ke dalam rumah supaya tidak cepat mati.

Sambang darah

Sambang darah merupakan tanaman yang tegak, dengan tinggi yang bisa mencapai 200 cm. Tanaman ini tergolong ke dalam tanaman perdu yang yang banyak digunakan sebagai pagar tanaman.

Syngomnium

Tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini menyukai tanah yang agak lembab namun tidak becek. Tanaman syngomnium terdiri dari berbagai macam jenis yang dapat Anda gunakan. Warna daun syngomnium terbagi menjadi dua jenis. Daun pertama berwarna hijau dan yang kedua campuran antara warna hijau dan putih.

Sirih Gadin

Sebagai tanaman hias, sirih gading merupakan salah satu jenis tanaman yang populer. Sebab tanaman ini dapat tumbuh merayap serta proses penanamannya sangat mudah. Sirih gading atau yang dikenal dengan sebutan Epipremnum Aureum ini merupakan salah satu tanaman berbunga yang berasal dari Mo’orea, Polinesia, Perancis.

Lidah Mertua

Lidah mertua atau sansevieria ini merupakan tanaman hias lain yang marak digunakan di berbagai rumah. tanaman ini sangat fleksibel karena dapat tumbuh di kondisi yang kekurangan chaya matahari sekali pun. Ciri khas daun ini adalah bentuk daunnya yang memanjang berwarna hijau dengan hiasan bintik-bintik putih diatasnya.

Keladi Hias

Keladi hias merupakan tanaman yang berasal dari Brazil. Namuan sekarang, tumbuhan ini dapat ditemukan di berbagai pelosok dunia, termasuk Indonesia. Katakteristik dari tanaman keladi hias adalah bentuk daunnya yang menyerupai hati. Selain itu, tekstur tanaman ini juga licin dan memiliki kandungan lapisan lilin.

Tanduk Rusa

Jenis tanaman paku-pakuan ini memiliki bentuk yang eksotis sehingga sangat cocok diletakan pada balkon dengan konsep rumah arsitektur modern tropis. Sesuai dengan namanya, rupa dari tanaman ini memang mirip seperti tanduk rusa.

Monstera

Penamaan tanaman ini berasal dari kata monster, yang diberikan karena ukuran daunnya yang sangat besar serta berwarna hijau. Tanaman ini berasal dari hutan tropis yang terletak di Selatan Meksiko hingga selatan Panama. Tanaman monstera dapat menghadirkan kesan ekslusif dan mewah, sangat cocok digunakan untuk menyulap rumah biasa menjadi mewah.