Jenis Tanaman Hias Gantung Yang Mudah di Rawat

Jenis Tanaman Hias Gantung Yang Mudah di Rawat

Berikut ini kami akan memberikan penjelasan untuk jenis tanaman hias gantung yang sangat mudah untuk di hias.

1. Begonia

Begonia sebenarnya adalah jenis tanaman yang berasal dari daerah beriklim subtropis. Namun, bukan berarti tanaman dari famili Begoniaceae ini tak dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis seperti Indonesia.

Bukan itu saja, begonia juga mudah dirawat dan dapat diletakkan di pot yang digantung di dalam maupun luar ruangan. Tanaman ini juga dapat beradaptasi terhadap jenis tanah apapun yang kamu gunakan sebagai media tanam. Cocok banget, nih, buat kamu yang masih pemula soal bercocok tanam.

Namun, untuk menyiram tanaman ini kamu sebaiknya memperhatikan beberapa hal. Saat suhu hangat dan sinar matahari melimpah, kamu harus sering-sering menyiramnya, terutama ketika tanaman begoniamu telah berbunga dan daunnya tumbuh lebat. Siram hingga air merembes keluar melalui lubang di bawah pot.

2. Portulaca

Portulaca merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari famili Portulacaceae. Tumbuhan ini juga dikenal dengan nama Purslane atau krokot (Portulaca oleracea), jenis tanaman yang dapat dikonsumsi manusia.

Ciri-ciri morfologi tanaman ini terbilang unik, yaitu batangnya lunak dan memiliki daun sukulen yang berdaging tebal. Keunikan tersebut membuat portulaca dapat bertahan hidup di iklim kering karena bisa menyimpan cadangan air dengan baik.

Pemeliharaannya pun tidak sulit. Kamu hanya perlu memberinya ruang dan meletakkannya di tempat yang mendapat sinar matahari cukup, membuang bunga dan daun yang sudah mati, dan menyingkirkan gulma. Setelah itu, kamu tidak harus menunggu lama hingga portulaca berbunga karena bunganya dapat tumbuh sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

3. Kaktus Anggur

Kaktus anggur atau yang mempunyai nama ilmiah Sedum morganianum ini bentuknya lebih unik lagi. Kamu bisa lihat sendiri pada gambar di atas, bukan? Rasanya, tumbuhan satu ini pas sekali masuk ke dalam daftar jenis-jenis tanaman hias gantung yang cantik.

Tanaman ini memiliki bentuk daun unik yang mirip dengan buah anggur yang bergerombol. Selain itu, tanaman hias gantung ini tahan hidup di cuaca panas dan dapat menyimpan cadangan air. Maka tak heran jika kaktus anggur justru membutuhkan lebih banyak sinar matahari ketimbang air.

Dengan begitu, kamu tidak perlu melakukan perawatan khusus jika ingin menanam tanaman ini sebagai hiasan yang menggantung di teras rumah. Cukup siram dua kali dalam sepekan. Bahkan di musim hujan, kamu mungkin tidak perlu menyiramnya sama sekali.