Jenis-Jenis Tanaman Paku Tanduk Rusa

Jenis-Jenis Tanaman Paku Tanduk Rusa

Paku Tanduk Rusa atau disebut juga sebagai Simbar Menjangan merupakan sekelompok tumbuhan paku epifit yang kerap dijadikan sebagai tanaman hias. Paku Tanduk Rusa atau Simbar Menjangan dikelompokkan dalam genus Platycerium, terdiri atas sekitar 18 spesies. Indonesia, sedikitnya memiliki 5 jenis Paku Tanduk Rusa asli Indonesia.

Tanaman dari famili Polypodiaceae ini memiliki bentuk daun yang unik menyerupai tanduk rusa. Karena itu di Indonesia tanaman hias epifit ini dikenal luas dengan nama Paku Tanduk Rusa atau Simbar Menjangan. Nama genus tumbuhan ini, Platycerium, pun berasal dari bahasa Yunani yang terdiri atas kata “platy” yang berarti lebar dan “ceras” yang berarti tanduk.

Sebagai tumbuhan epifit, tanduk Rusa hidup menempel pada bidang media atau tumbuhan lain namun tidak merugikan (parasit) pada inangnya. Ciri khas tanaman paku ini adalah bentuk daunnya. Daun Simbar Menjangan memiliki dua jenis daun (yang biasa disebut ental), yaitu daun steril (mandul) yang biasa disebut juga sebagai daun perisai atau bonggol dan daun fertil (subur) yang biasa disebut juga sebagai daun tanduk dan daun sporofil (karena menghasilkan spora sebagai alat perkembangbiakannya).

Jenis tumbuhan Paku Tanduk Rusa ini yang paling banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias sehingga memiliki variant kultivar paling banyak dibandingkan dengan jenis platycerium lainnya. Pun termasuk jenis yang ‘bandel’ dan mudah beradaptasi sehingga mudah dipelihara. Secara alami jenis Platycerium bifurcatum bisa dijumpai di kawasan Malesia hingga Polinesia. Nama latin tanaman ini berasal dari kata “bifurcate” yang berarti bercabang atau membelah.

Memiliki daun fertil relatif kecil, memanjang ke atas pada pangkalnya, dan menjuntai pada bagian titik percabangan dengan arah percabangan tak beraturan. Daun steril tumbuh melingkari bonggol membentuk perisai mahkota dengan celah di bagian atas

Selain jenis-jenis yang tumbuh di Indonesia tersebut, beberapa jenis Paku Tanduk Rusa lainnya antara lain:

  • Platycerium andinum Baker
  • Platycerium angolense Welw. ex Hook.
  • Platycerium ellisii Baker
  • Platycerium madagascariense Baker
  • Platycerium quadridichotomum (Bonap.) Tardieu
  • Platycerium stemaria (P. Beauv.) Desv.
  • Platycerium wallichii Hook.