Jenis-Jenis Tanaman Kantong Semar

Tanaman kantong semar adalah jenis tanaman karnivora yang banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara, Cina bagian selatan dan Australia bagian utara. Di Asia Tenggara, tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Di Indonesia kantong semar dikategorikan sebagai tanaman yang diutamakan pelestarian atau konservasinya. Tanaman ini pertama kali ditemukan di negara kita pada tahun 1689 oleh J.P Breyne.

Kantong semar dikenal dengan beberapa nama di nusantara. Di Riau tanaman ini disebut periuk monyet (Bahasa Inggrisnya monkey cup plant), di Bangka disebut ketakung, dan di Jawa Barat disebut raja mantri. Sampai saat ini, tercatat ada sekitar 103 jenis tanaman kantong semar yang pernah ditemukan di dunia. 64 jenis diantaranya tumbuh di Sumatra dan Kalimantan yang terkenal sebagai surga bagi tanaman kantong semar.

10 Jenis Kantong Semar atau Nepenthes yang Wajib Anda Ketahui

Di bawah ini kami telah merangkum jenis-jenis nepenthes yang menurut kami perlu Anda tahu.

Kantong Semar diatas

Tanaman kantong semar jenis ini banyak ditemukan di Sumatra di daerah dengan ketinggian sekitar 2400 sampai 2900 meter di atas laut.

Kantong Semar gymnamphora

Nepenthes Gymnamphora banyak ditemukan di daerah Jawa dan Sumatra. Kata Gymnamphora diambil dari Bahasa Yunani yaitu gymnos (berleher) dan amphoreus (kantong), karena inilah di Indonesia tanaman kantong semar jenis ini dikenal dengan nama kantong semar berleher.

Kantong Semar villosa

Habitat tanaman kantong semar jenis ini banyak ditemukan di daerah Gunung Kinabalu dan Gunung Tambuyukon di Kalimantan.

Kantong Semar aristolochioides

Tanaman kantong semar ini tumbuh di daerah jambi dengan ketinggian 2000 meter di atas laut. Nepenthes aristolochioides memiliki bentuk yang unik dan berbeda daripada tanaman kantong semar yang lain. Bagian pembuka kantong penjebaknya hampir vertikal dan memiliki semacam penutup di depannya.

Kantong Semar maxima

Kantung semar jenis ini merupakan tanaman yang melegenda di dunia perkantung semaran. Bentuk kantung penjebaknya rata-rata lebih besar daripada tanaman kantung semar jenis lain. Di Indonesia sendiri, ditemukan Nepenthes Maxima yang memegang rekor sebagai salah satu kantung semar terbesar dengan ukuran kantung yang mampu menampung 1,5 liter air. Kantung semar jenis ini banyak ditemukan di daerah Sulawesi, Maluku dan Papua.

Kantong Semar rafflesiana

Bersama dengan Nepenthes Maxima, tanaman jenis ini juga dikenal sebagai tanaman kantung semar dengan ukuran kantong yang lebih besar dari jenis lainnya. Nepenthes Rafflesiana memiliki banyak jenis dan ditemukan tumbuh di daerah Kalimantan, Sumatera, Singapura dan Malaysia.

Kantong Semar reinwardtiana

Kantong semar jenis ini merupakan salah satu tanaman yang habitatnya cukup luas di Indonesia. Nepenthes reinwardtiana banyak ditemukan di daerah Sumatra dan Kalimantan. Umumnya, kantung semar jenis ini memiliki ukuran kantung yang berukuran sedang sekitar 15 cm. Tapi tanaman ini mampu tumbuh lebih besar jika perawatannya baik sehingga tanaman bisa tumbuh dengan optimal.

Kantong Semar ampullaria

Nepenthes ampullaria atau kantung semar termos ampullaria adalah satu-satunya jenis kantong semar yang bisa dikatakan ‘vegetarian’. Kantong semar jenis ini tidak memiliki nektar di bibir kantongnya sehingga jarang ada serangga yang terjebak masuk ke dalam kantong. Biasanya benda-benda yang ditemukan di dalam kantong tanaman ini hanya daun-daun kering atau air. N. ampullaria tetap akan memangsa serangga jika serangga dimasukkan ke dalam kantungnya, tapi nepenthes ini tidak memburu mangsanya karena tidak ada cairan di bibir kantong yang bisa membuat serangga tergelincir masuk.

Kantong Semar truncata

Nepenthes truncata adalah salah satu jenis tanaman kantong semar yang banyak tumbuh di pulau Mindanao, Filipina. Tanaman ini tumbuh di ketinggian antara 0-1500 m, dan pernah ditemukan tanaman jenis ini yang menangkap tikus sebagai mangsanya, karena kantongnya bisa berukuran jumbo.

Kantong Semar khasiana