Jenis-jenis Tanaman Hias Daun

Tanaman Hias Daun

Bunga hias – Tanaman hias daun merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki keindahan dan ciri khas pada bagian daunnya. Di Indonesia, ada banyak penyuka tanaman hias daun. Untuk mengetahui apa saja tanaman hias daun yang populer di Indonesia, berikut ini beberapa di antaranya.

Dieffenbachia

Dieffenbachia

Macam-macam tanaman hias yang terkenal berikutnya adalah Dieffenbachia yang biasa ditanam di pekarangan rumah. Keindahannya ada pada bentuk tajuk dan warna daunnya yang bervariasi: hijau disertai bercak-bercak hijau dan kuning. Dieffenbachia dikenal juga sebagai daun bahagia atau bunga bahagia.

Dibaca juga: Jenis-jenis Tanaman Hias Bunga

Calathea

Calathea

Berasal dari Amerika Selatan, tepatnya di Kolombia dan Venezuela, Calathe banyak digunakan sebagai tanaman hias rumahan atau tanaman hais indoor. Tanaman yang mempunyai nama populer prayer plant atau peacock plant ini mengantongi kecantikan pada bagiaan daunnya yang berukuran lebar dengan bentuk elips dan oval yang sensitif terhadap cahaya gelap dan di malam hari akan melipat dengan sendirinya.

Algeonema

Algeonema

Algeonema lebih akrab dengan sapaan sri rejeki, meruapakan tanaman hias yang berasal dari suku talas-talasan (Araceae). Sri rejeki mempunyai habitat asli di dalam hutan hujan tropis dengan tingkat intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi. Modern ini, aglaonema telah dikembangkan menjadi tanaman yang sangat menarik dengan ragam warna, bentuk, dan ukuran sehingga menjadikannya tergolong ke dalam macam-macam tanaman hias daun yang berbeda dari spesies alami.

Paku Tanduk Rusa

Paku Tanduk Rusa

Di Indonesia, tanaman dari famili Polypodiaceae ini dikenal juga dengan nama lain Simbar Menjangan. Tidak semua paku tanduk rusa yang tergolong dalam kelompok tumbuhan paku epifit dijadikan sebagai tanaman hias. Paku tanduk rusa yang terkenal sebagai tanaman hias antara lain adalah P. bifurcatum. Jenis tanaman hias daun dari koloni rimpang ini mempunyai banyak cabang sehingga memiliki lebih daripada satu titik pertumbuhan.

Suplir

Suplir

Selain suplir, tanaman ini juga dikenal sebagai Adiantum. Tanaman hias suplir atau adiantum mempunyai penampilan yang khas sehingga membuatnya mudah dibedakan dengan jenis tumbuhan paku-pakuan lain. Suplir yang termasuk ke dalam anak suku Vittarioideae, suku Pteridaceae ini banyak ditanam untuk menghias ruang atau taman.

Spider Plant

Spider Plant

Jika Calathea merupakan prayer plant karena daunnya bisa melipat sendiri sehingga dianggap sebagai tumbuhan yang sedang berdoa, beda halnya dengan Spider Plant. Tanaman hias yang satu ini disebut sebagai spider plant karena di saat batang tanamannya menyentuh tanah, ia akan mengakar alias merambat. Tanaman Spider Plant digolongkan ke dalam tanaman hias gantung yang mempunyai kemampuan untuk menyerap racun-racun berbahaya yang mencemari udara di sekitar rumah Anda.

Saka Asparagus Plumosus

Saka Asparagus Plumosus

Tanaman hias daun berikutnya adalah Saka Asparagus Plumosus yang tergabung dalam keluarga Asparagus Plumosus, merupakan tanaman hias sejenis paku yang mempunyai daun lebat menyerupai jarum halus dengan jumlah banyak. Daun berbentuk jarum halus itulah yang menjadikan tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan ruangan.

Palem Kuning

Palem Kuning

Jika Anda mempunyai pekarangan rumah yang cukup luas dan bingung mau ditanami tanaman apa, coba saja tanam Palem Kuning. Palem kuning adalah tanaman hias yang tahan panas matahari yang tergabung dalam anggota suku pinang-pinangan, berasal dari Madagaskar dan sekarang bisa dijumpai dengan mudah di tanah air.

Kuping Gajah

Kuping Gajah

Kuping gajah dengan nama latin Anthurium Crystallinum adalah tanaman hias daun yang banyak ditanam untuk menghias ruangan maupun halaman rumah. Tanaman ini mempunyai daya tarik tersendiri yang tampak pada bentuk pola dan warna hiasan daunnya yang besar dan berbentuk seperti jantung sehingga mirip seperti kuping gajah.

Keladi Red Star (Caladium Bicolor)

Keladi Red Star (Caladium Bicolor)

Keladi hias mempunyai keindahan yang terletak pada bentuk dan warna daunnya. Tulang daun Keladi Red Star berbentuk seperti bintang disertai warna merah cerah dan tangkai daun berwarna merah muda belang-belang hitam. Tumbuhan penghias rumah yang satu ini termasuk ke dalam tanaman yang menyukai cahaya, sehingga bisa ditanam dan ditempatkan di luar rumah yang terkena sinar matahari penuh.

Zamia

Zamia

Tanaman hias zamia merupakan tanaman gurun yang dapat menggambarkan masa purbakala. Dikarenakan berasal dari gurun, zamia mempunyai ketahanan terhadap udara kering (bisa hidup optimal pada suhu 30 – 35 celcius). Bagi Anda yang mau membudidayakan tanaman ini bisa dengan menggunakan tunas akarnya yang ditanam di dalam pot. Tanaman hias daun zamia bisa hidup sampai lebih dari lima tahun.