Jenis-jenis Tanaman Hias Daun di Ruangan

Majalah bunga – Ada banyak sekali aneka jenis tanaman hias daun di ruangan yang bisa kita pilih untuk digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik rumah hunian. Tanaman hias tersebut bisa anda jadikan tanaman hias indoor yang diletakkan di dalam rumah atau bisa juga dijadikan tanaman hias outdoor yang ditanam di taman rumah anda. Tanaman hias diklasifikasikan atas tanaman hias daun dan tanaman hias bunga, pemilihan tanaman hias disesuaikan dengan selera dan kecocokan dengan desain rumah anda.

Jenis-jenis Tanaman Hias Daun di Ruangan

Dieffenbachia

Dieffenbachia

Dieffenbachia merupakan tanaman hias jenis daun yang mempunyai corak hijau, kuning serta terdapat spesies yang memiliki warna hijau dengan bercak putih. Proses pengembang biakan tanaman hias yang satu ini cukup mudah, cara yang anda dapat lakukan adalah dengan melakukan penyetekan pada batangnya. Tanaman hias ini harus anda letakkan di dalam rumah pada tempat yang jauh dari jangkau anak-anak, karena daunnya memiliki getah yang bisa membuat anda gatal

Lidah Buaya / Aloe vera

Lidah Buaya / Aloe vera

Tanaman hias daun ini memiliki nama latin Aloe Vera dan di Indonesia dikenal dengan sebutan lidah buaya. Tanaman ini memiliki fungsi ganda, bisa dijadikan sebagai tanaman hias daun didalam rumah, ataupun sebagai tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan saat ini juga telah dikembangkan sebagai bahan industri kosmetik, farmasi, dan makanan-minuman kesehatan. Tanaman ini juga ternyata mempunyai kemampuan untuk menyerap polutan. Aloe vera mampu menetralisir racun benzena, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya, sehingga akan membuat udara di rumah anda menjadi sejuk dan sehat untuk dihirup.

Spider Plant

Spider Plant

Pilihan tanaman hias indoor yang terakhir adalah tanaman hias Spider Plant. Tanaman ini aslinya berasal dari daerah afrika kemudian menyebar keseluruh penjuru dunia. Tanaman ini dapat anda manfaatkan sebagai tanaman hias pembersih udara diruangan karena dapat ditanam pada media pot.

Calathea

Calathea

Tanaman yang satu ini memiliki warna daun yang belang-belang, hal inilah yang ditawarkan dari tanaman hias Calathea untuk mempercantik rumah anda. Beberapa jenis dari tanaman hias Calathea yang menjadi favorit adalah calathea lutea, violacea, dan lainnya. Tetapi yang paing disukai oleh banyak orang adalah jenis bunga calathea makoyama, ketika anda melihat bunga ini anda seakan-akan seperti melihat bulu merak karena terdapat garis-garis pada daunnya yang menyerupai bulu pada burung merak.

Lili Paris

Lili Paris

Tanaman hias lili paris adalah jenis tanaman hias yang cantik dan dapat anda jadikan tanaman hias. Bentuknya yang menarik dengan bunga putih membuat tanaman hias yang satu ini akan terlihat semakin indah.

Tanaman lili paris masuk dalam jenis tanaman semak yang biasanya digunakan untuk border, maupun listing, namun tanaman hias ini juga akan cocok menghiasi ruangan anda. Lili paris adalah tanaman yang berasal dari Afrika Selatan. Tanaman lili paris juga akan cocok di gunakan sebagai tanaman huias gantung.

Kuping Gajah (Anthurium)

Kuping Gajah (Anthurium)

Anthurium atau yang banyak dikenal sebagai daun kupin gajah adalah tanaman hias daun yang cukup populer untuk dijadikan sebagai tanaman hias indoor. Hampir sebagian besar rumah yang memiliki tanaman hias di bagian dalamnya adalah dari jenis tanaman hias ini. Bentuk daunnya yang lebar dan menyerupai telinga gajah adalah alasan mengapa kemudian disebut sebagai Tanaman Kuping Gajah.

Warna daun dari tanaman hias daun kuping gajah adalah berwarna hijau tua dengan urat-urat hijau muda keputih-putihan. Tanaman ini memiliki daya pikat yang berasal dari bentuk-bentuk daunnya yang istimewa. Perawatan tanaman ini juga terbilang lebih mudah, karena perhatian cenderung hanya tertuju pada daunnya saja. Anthurium hanya membutuhkan sedikit sinar matahari.