Jenis-jenis Tanaman Hias Bunga

Jenis-jenis Tanaman Hias Bunga

Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias bunga – didefinisikan sebagai tumbuhan yang mempunyai bunga berpesona cantik dengan satu atau banyak warna. Tanaman hias bunga dapat menambah keindahan suatu ruangan atau lingkungan di sekitarnya serta membuatnya terlihat lebih asri. Anda bisa menanam tanaman hias bunga di dalam pot atau pada lahan tanah.

Ada banyak jenis tanaman hias bunga yang bisa Anda tanam di dalam ataupun luar (sekitaran) rumah. Berikut ini beberapa contoh tanaman hias bunga beserta gambar dan penjelasannya.

Bunga Kamboja

Bunga Kamboja

Ditemukan oleh seorang botanis berkebangsaan Perancis, Charles Plumier, menjadikan bunga kamboja menyandang nama latin Plumeria. Keberadaan bunga kamboja di Indonesia menjadikan tempat tumbuhnya mendapatkan anggapan sebagai tempat keramat, semisal di pemakaman atau tempat-tempat untuk sebagian orang yang masih menjalankan ritual-ritual tertentu.

Meskipun mendapatkan kesan horor, kamboja termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias bunga dengan keindahan yang tak mungkin bisa untuk ditampik. Bunga kamboja bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat dikarenakan menyimpan sejumlah senyawa berkhasiat, seperti triterprenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin. Zat-zat tersebut bisa membantu meredakan demam, mengatasi radang, dan mengurangi rasa sakit.

Bunga Anggrek

Bunga Anggrek

Anggrek merupakan tanaman hias bunga yang cukup populer di Indonesia. Bunga anggrek sering dipergunakan sebagai ungkapan rasa cinta, simbol kemewahan dan keindahan selama ratusan tahun. Bunga yang masuk ke dalam suku Orchidaceae ini mempunyai banyak sekali varietas dengan keindahan yang dibawa masing-masing variasinya.

Di Indonesia, ada sekitar 5.000 – 6.000 jenis bunga anggrek yang sengaja dibudidayakan atau tumbuh secara liar. Kita juga bisa dengan mudah menemukan tanaman anggrek yang dijual di dalam pot pada toko-toko tanaman. Anggrek juga biasa digunakan sebagai bunga potong. Pesona dari bunga anggrek telah menjadikannya bunga nasional Singapura dan Thailand.

Bunga Kembang Sepatu

Bunga Kembang Sepatu

Hibiscus rosa-sinensis alias kembang sepatu adalah bunga dengan kelopak cantik berwarna merah terang yang tergabung dalam suku Malvaceae. Kembang sepatu adalah tanaman semak yang berasal dari Asia Timur. Di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia, kembang sepatu lebih sering ditanam sebagai tanaman hias.

Warna merah dengan ukuran kelopak yang besar melebar menjadi ciri khas dari kembang sepatu. Selain warna merah tunggal, ada juga kembang sepatu dengan warna lain seperti kuning, oranye, putih, merah tua, dan merah jambu. Bunga kembang sepatu di daerah Sumatera dan Malaysia disebut sebagai bunga raya. Sementara di Malaysia, tepat tanggal 28 Juli 1960 kembang sepatu disahkan sebagai bunga nasional Malaysia.

Bunga Alamanda

Bunga Alamanda

Allamanda cathartica yang umum disebut sebagai bunga alamanda atau bunga terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup adalah tanaman hias yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Selain dua tempat tersebut, bunga alamanda juga banyak ditemukan tumbuh di Brazil yang umum digunakan oleh masyarakatnya sebagai hiasan karena mempunyai bentuk yang indah.

Pesona pada alamanda tidak hanya bisa dinikmati oleh mata, tetapi tubuh juga. Diketahui berdasarkan hasil penelitian bahwa bunga alamanda mempunyai beberapa fungsi medis, seperti getah tanamannya yang mempunyai sifat antibakteri dan antibiotik terhadap bakteri Staphylococcus. Bunga alamanda juga sering digunakan untuk mencegah komplikasi dari malaria dan pembengkakan limpa.

Bunga Kenanga

Bunga Kenanga

Selanjutnya ada Kenanga yang juga juga termasuk macam-macam tanaman hias bunga. Kenanga dikenal juga dengan nama latin Cananga odorata. Kenanga sendiri merupakan nama dari bunga dan pohon yang menghasilkannya. Ada beberapa forma kenanga yakni macrophylla, genuina, dan kenanga perdu atau Cananga odorata fruticosa yang banyak ditanam sebagai tanaman hias di halaman rumah.

Pertumbuhan kenanga dipengaruhi oleh sinar matahari. Tanaman yang menghasilkan bunga cantik ini menyukai tanah dengan kandungan asam pada habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan. Warna bunganya hijau kekuningan, menggulung seperti bintang laut, daunnya panjang, halus, dan berkilau. Kenanga perdu yang paling banyak ditanam sebagai tumbuhan penghias halaman rumah bisa tumbuh paling tinggi tiga meter.

Bunga Edelweiss

Bunga Edelweiss

Bunga Edelweiss merupakan tanaman hias yang jarang sekali ditanam sebagai tanaman penghias pekarangan rumah. Mengapa? Sebab Edelweis hanya mampu tumbuh di dataran tinggi seperti puncak dan pegunungan dengan intensitas cahaya matahari penuh. Karena hal tersebut, bunga edelewis hanya bisa dilihat oleh para pendaki gunung yang mencintai alam bebas.

Bunga edelweiss yang telah akrab dengan para pendaki ini dapat merasuk ke dalam jiwa lewat keindahan dan keabadian (mengalami pemekaran dalam waktu yang cukup lama) yang ditampilkannya. Bunga edelweiss asli atau Everlasting Flower bisa ditemukan di beberapa daerah pegunungan di Indonesia, seperti di daerah pegunungan Jawa, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lombok.

Bunga Bougenville

Bunga Bougenville

Diucap dalam bahasa Indonesia, Bugenvil, merupakan tanaman hias yang sangat populer di seluruh dunia. Bunga bugenvil dihasilkan dari pohon kecil yang sulit tumbuh tegak. Keindahan yang menjadi daya pikat dari bugenvil terletak dari seludang bunganya yang mempunyai warna cerah sehingga menarik perhatian orang-orang yang melihatnya.

Pada beberapa bagian tanaman bugenvil mempunyai warna-warni yang menambah kecantikan dari bunganya. Di samping perawatannya yang mudah, penanaman bugenvil juga banyak dimaksudkan untuk menambah nilai keindahan halaman rumah ataupun taman. Pesona dari bunga bugenvil bisa menjadi bahan pembicaraan banyak orang, mulai dari bentuk hingga warnanya.

Bunga Lily

Bunga Lily

Tanaman hias yang mempunyai nama memikat, Lily, atau Lilium merupakan bunga musim panas yang bisa memperindah halaman depan atau belakang rumah Anda dengan menanamnya di dalam pot. Bunga lili yang sudah dikenal sejak jaman Yunani Kuno ini tidak hanya menarik dari segi kelopaknya, tetapi juga memiliki aroma harum yang semerbak wanginya.

Di dunia terdapat sekitar 100 jenis bunga lily. Kebanyakan jenis tanaman hias bunga yang satu ini mempunyai warna lembut. Penggunaannya selain untuk tanaman hias juga kerap dijual sebagai bunga potong. Siapapun yang melihat bunga yang telah menyebar dari wilayah Eropa ke Asia ini pasti akan kagum dengan bentuk bunganya yang cantik, termasuk Anda.

Bunga Matahari

Bunga Matahari

Bunga Matahari merupakan tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran yang sudah tidak asing oleh penduduk Indonesia. Keberadaan bunga matahari di depan rumah bisa menjadi pemercantik teras rumah sebab bunga matahari juga termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias bunga yang populer di Indonesia.

Bunga Aster

Bunga Aster

Bunga Aster cukup populer di Indonesia. Pertumbuhannya menjadi kelebihan sendiri dikarenakan tidak mempunyai masa berbunga yang artinya bunga aster bisa mengeluarkan bunga sepanjang tahun. Sekilas bunga aster menyerupai bunga matahari, namun banyak yang menganggap kalau bunga aster jauh lebih cantik daripada bunga matahari. Karena alasan tersebut, banyak orang yang menggunakan bunga aster dengan warna ungu untuk membentuk mahkota yang bersusun rapi dengan warna yang cerah dan mempesona

Bunga Kemuning

Bunga Kemuning

Kemuning (Murraya paniculata) adalah tumbuhan tropis yang bisa berbunga sepanjang tahun dengan ketinggian pohon mencapai 7 meter. Kemuning kerap ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman pagar. Bentuk daunnya yang kecil dengan bunga terminal yang wangi menjadikan kemuning makin digandrungi banyak pecinta tanaman.

Tanaman hias bunga kemuning merupakan salah satu tumbuhan yang banyak tumbuh (karena ditanam) di halaman Rumah Gadang di Minangkabau yang dijadikan sebagai pautan kuda. Pada kemuning terdapat senyawa terisolasi dari golongan kumarin seperti murremeranzin, isopropylidene murrangatin, murralonginal, dan pranferin. Oleh masyarakat Indonesia dan Filipina, daun kemuning biasa dipakai untuk obat diare dan disentri.

Bunga Tulip

Bunga Tulip

Jika Anda sering melihat Bunga Tulip pada banyak lukisan, mungkin Anda mengira kalau bunga tulip berasal dari Belanda. Padahal bukan, bunga tulip merupakan bunga hias yang berasal dari negara Turki, atau tepatnya ditemukan pada masa pemerintahan kekhilafahan Turki Utsmani. Namun penyebarannya yang cepat menjadikan bunga tulip sebagai tanaman hias bunga yang justru identik dengan bunga ciri khas negara Eropa, seperti Belanda.

Bunga Asoka

Bunga Asoka

Bunga Asoka merupakan tanaman hias yang sering dihubungkan dengan cinta dan kesucian. Bagi penganut agama Hindu, pohon yang menghasilkan bunga dengan warna cantik dan bentuk unik ini dianggap sebagai pohon suci. Di Indonesia, ada dua jenis bunga asoka yang biasanya ditanam untuk penghijauan ataupun hanya sebagai tanaman hias.

Bunga Geranium

Bunga Geranium

Geranium merupakan tumbuhan abadai yang sebagian besar berasal dari Afrika Selatan. Warna bunga geranium tersusun dari warna putih, merah muda, merah dan ungu, dengan gradasi yang lembut dan tidak mencolok. Campuran warna pada kelopaknya yang menjadikan bunga geranium sengaja ditanam untuk menghadirkan suasana menentramkan di dalam atau halaman rumah.

Selain menjadi tanaman hias, bunga geranium juga banyak diolah menjadi bahan wewangian untuk minyak yang biasa disebut dengan minyak Pelargonium. Minyak Pelargonium berwarna pucat kuning-coklat atau kehijauan dengan bau menyerupai bunga mawar. Minyak tersebut digunakan sebagai parfum, sabun, dan bahkan salep.

Bunga Mawar

Bunga Mawar

Bunga Mawar diberi julukan sebagai “Ratu Bunga” dikarenakan mempunyai keindahan dan keunikan yang khas. Bentuk yang indah pada kelopak bunga mawar didukung dengan aromanya yang menarik. Selain anggrek, tanaman hias bunga mawar juga diindentikan dengan simbol perasaan cinta terhadap seseorang.

Bunga mawar memilik iwarna-warna yang terang, mulai dari putih, merah, pink, dan ungu. Bunga mawar sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan tempat tumbuhnya, mulai dari Hybrid Tea, Floribunda, Polyantha, Grandiflora, dan Climbing Rose. Mawar termasuk sebagai tanaman hias bunga yang mempunyai nilai ekonomi tinggi karena harga jual dari satu set tanaman, bunga potong, hingga bunga taburnya bisa mencatut angka jutaan rupiah.

Bunga Melati

Bunga Melati

Melati digolongkan sebagai tumbuhan perdu yang termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias bunga. Tanaman merambat yang terdiri dari sekitar 200 spesies ini tumbuh dengan subur di daerah beriklim tropis dan hangat seperti Eurasia, Australasia, Oseania, dan Indonesia. Melati terkenal akan aroma wangi yang khas.

Pembudidayaan bunga melati di Indonesia sudah dilakukan sejak lama. Bahkan, ada salah satu jenis melati yang dijadikan simbol nasional atau “puspa bangsa” yakni melati putih (Jasminum sambac) yang melambangkan kesucian, kemurahan, dan punya kaitan kuat dengan berbagai tradisi di banyak suku di Indonesia.