Jenis-jenis Tanaman Hias Buah

Jenis-jenis Tanaman Hias Buah

Tanaman Hias Buah

Bunga hias – Tanaman hias buah merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki keindahan dan ciri khas pada bagian buahnya. Di Indonesia, tidak banyak penyuka tanaman hias Buah. Meski demikan tanaman hias buah ini juga cocok untuk dikoleksi. Untuk mengetahui apa saja tanaman hias buah yang populer di Indonesia, berikut ini beberapa di antaranya.

Dibaca juga: Jenis-jenis Tanaman Hias Bunga

Jeruk Nagami

Jeruk Nagami

Pertama, ada Jeruk Nagami atau Nagami Kumquat, merupakan tanaman penghasil buah jeruk yang berasal dari genus Citrus dengan ciri khas pada bentuk buah yang lonjong dan berukuran kecil-kecil. Jeruk nagami tidak hanya ditanam sebagai tanaman penghias rumah saja, tetapi buahnya juga bisa dimakan secara langsung karena rajin berbuah. Uniknya lagi, jeruk nagami tidak hanya bisa dinikmati keindahan dan rasa buah dagingnya, tetapi kulitnya juga yang mempunyai rasa lebih manis daripada daigngnya sendiri.

Cabai Pelangi

Cabai Pelangi

Belum banyak yang familiar dengan cabai pelangi. Cabai warna-warni adalah buah dari tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan (ada juga yang mengatakan dari Brasil dengan nama Bolivian Rainbow). Cabai warna-warni lebih kaprah ditanam sebagai tanaman hias ataupun dibudidayakan dengan skala besar untuk meraup keuntungan.

Buah Naga

Buah Naga

Buah naga, siapa yang tidak kenal? Rasanya yang nikmat dan kesegaran dari daging buahnya membuat buah naga tak pernah kehabisan peminat. Selain dikonsumsi, buah naga yang ditanam ternyata juga bisa memberikan tampilan yang menarik di mata. Awalnya, tanaman ini dibawa oleh orang Perancis dan Guyana ke Vietnam pada tahun 1870 sebagai tanaman hias dan dianggap oleh orang China dan Vietnam sebagai buah pembawa berkah.

Nanas Medusa

Nanas Medusa

Nanas medusa atau nanas mahkota adalah jenis tanaman hias yang menyimpan keunikan sendiri. Keunikan tersebut bisa dilihat dari penampilannya. Buah nanas yang dihasilkan bisa menghasilkan buah-buah nanas ukuran mini yang menonjol pada semua sisi buah nanas yang paling utama.

Dilihat juga: Jenis-jenis Tanaman Hias Daun

Nanas Merah

Nanas Merah

Selain nanas medusa, ada juga nanas merah yang sebetulnya mempunyai warna merah muda. Tanaman penghasil buah cantik ini pada umumnya ditanam hanya untuk memberikan nilai estetika pada halaman. Meskipun demikian, buah nanas merah tetap bisa dinikmati bagian dagingnya. Menurut orang Tionghoa, nanas merah dianggap sebagai buah pembawa rezeki.

Lemon

Lemon

Buah lemon yang tergabung dalam jenis-jenis tanaman hias buah adalah buah lemon impor yang biasal dari Australia. Ciri dari buah jeruk lemon inport ini bisa dilihat dari penampilan buahnya yang berbentuk lonjong dan warna kuning cerah. Jeruk lemon import bisa dikenali tidak hanya dari warnanya, tetapi juga pada aroma yang lebih harum dibadningkan jeruk lemon lokal, serta kulitnya yang juga lebih tebal. Untuk rasanya, lemon import juga mempunyai rasa yang asam, sama seperti jeruk lemon lokal.