Jenis-jenis Bunga Mawar dan Maknanya

Bunga mawar adalah salah satu jenis bunga mawar yang biasa dipakai untuk lambang romantisme, atau melambangkan ungkapan rasa kasih sayang kepada seseorang. Banyak sekali beragam bunga mawar yang ada di dunia. Warna-warna indah dari bunga mawar menjadikan bunga ini banyak digemari oleh orang-orang di dunia.

Jenis-jenis Bunga Mawar dan Maknanya

Ciri-ciri bunga mawar umumnya bisa dilihat dari bentuk bunga yang punya mahkota dengan jumlah 5 helai dengan ragam warna. Bunga mawar memiliki batang yang berduri dan permukaan batangnya licin.

Banyak sekali jenis-jenis mawar yang ada di dunia. Warna-warna dari bunga mawar juga sangat beragam. Setiap warna dari bunga tersebut ternyata mempunyai artinya tersendiri. Berikut ini arti mawar berdasarkan warana bunganya.

Bunga Mawar Merah Muda

Bunga Mawar Merah Mudah

Bunga mawar merah muda menunjukkan kebahagiaan, rasa hormat, lembut, dan pujian kepada orang yang diberikan bunga ini. Aoabila warna pink atau merah mudai ini bisa diartikan dengan uangkapan kekaguman, disamping itu warna pink atau merah muda yang lebih tua diartikan dengan rasa berterima kasih kepada seseorang.

Bunga Mawar Merah

Bunga Mawar Merah

Arti bunga mawar merah menunjukkan ungkapan rasa cinta sejati, kesucian, kemurnian hati, dan keanggunan. Apabila bunga di dikasih kepada seseorang yang kita cintai, maka dia akan yakin bahwasannya dia memang mecintai dirinya. Tapi apabila arti dari warna bunganya saja, warna ini menunjukkan rasa cinta yang besar kepada seseorang.

Bunga Mawar Orange

Bunga Mawar Orange

Bunga mawar orange mempunyai arti semangat. Hal ini bisa memiliki arti bahwasannya seseorang yang memberikan bunga ini sanagt mengetahu karaktersitik dari orang yang diberi bunga.

Dilihat juga: Tips Untuk Membudidaya Bunga Melati

Bunga Mawar Hitam

Bunga Mawar Hitam

Warna hitam memiliki arti berkabung dan kematian. Ini menjadi alasan kenapa ini ada dalam proses pemakaman untuk menunjukan kehilangan orang yang dicintai. Di dalam hal ini, mawar hitam merupakan sebuah simbol perpisahan dan kesedihan. Tapi, ini tidak hanya satu-satunya arti dari bunga mawar hitam ini. Mawar ini memiliki makna lain dimana makna dari mawar hitam ini adalah kecanggihan, keanggunan, awal baru. Kesimpulannya mawar hitam memiliki arti berbeda, tergantung dari persepsi setiap orang.

Bunga Mawar Biru

Bunga Mawar Biru

Mawar biru adalah mawar yang unik. Disamping itu, warna biru mempunyai arti sempurna dari satu pesona yang bisa diartikan kekaguman. Bunga mawar warna biru bisa diperoleh untuk alat mengekspresikan rasa cinta pada pandangan pertama.

Bunga Mawar Hijau

Bunga Mawar Hijau

Bunga mawar hijau mempunyai arti kesuburan, harmonis, dan sejahtera. Warna hijau adalah sebuah tanda perdamaian dan ketenangan. Bunga mawar dengan warna hijau juga diartikan harapan unutk menjadikan kehidupan baru lebih baik lagi.

Mawar bisa tumbuh dengan baik di iklim sedang. Meskipun begitu, ada beberapa hasil silang yang bisa bertumbuh di daerah dengan iklim sub tropis. Berikut ini jenis-jenis dari bunga mawar:

Bunga Mawar Jenis Wild Roses

Bunga Mawar Jenis Wild Roses

Seperti namanya dalam bahasa Inggris yaitu wild, maka bunga mawar jenis Wild Rose adalah mawar dengan cara pertumbuhannya secara liar. Bentuknya yang simpel sudah banyak diketahui sejak lama oleh manusia di dunia.

Mawar Old Garden Roses

Bunga Mawar Old Garden Roses

Bunga mawar Old Garden Roses adalah mawar yang bisa dibilang unik dan baunya harum. Mawar ini adalah hasil persilangan yang sebelum dikenalkannya Hybird Tea di tahun 1867. Mawar Old Gaden Roses memiliki beberapa jenis sesuai dengan urutan umurnya.

Mawar Alba

Mawar Alba

Alba merupakan jenis mawar Old Gardenertua yang berwarna putih. Mawar jenis ini merupakan mawar persilangan dari hasil persilangan antara mawar jenis Rosa Arvensis dan Rosa alba. Bunga mawar Alba dimana bunga ini hanya berbunga satu tahun hanya sekali ini pertamanya dibawa ke Inggris oleh bangsa Romawi kuno.

Mawar Galica

Mawar Galica

Galica merupakan hasil persilangan dari mawar Rosa Gallica yang permulaannya dari Eropa dibagian selatan dan tengah. Seperti layaknya alba, galica ini hanya berbunga satu tahun satu kali, biasanya berbunga ketika waktu musim panas.

Mawar Damask

Mawar Damask

Damask adalah jenis mawar dari Persia dibawa oleh Robert de Brie ke Eropa sekitar tahun 1254 dan pada tahun 1276. Ada beberapa perkembangan dari bunga Damask diantaranya adalah Summer Damask, yakni hasil persalingan antara bunga mawar Rosa phoenicea dengan mawar Gallica, dan mawar Autumn Damasks, yakni hasil persilangan antara mawar Rosa moschata dan mawar Galica.

The Portland Rose

The Portland Rose

Nama dari mawar ini disematkan kepada Duke of Portland sebagai tanda mengenang karena dialah orang yang pertama kali menerima mawar jenis ini dari Negara Italia pada tahun 1800. Sampai-sampai dikategorikan menjadi nenek moyangnya mawar Portland.

Mawar Bourbon

Mawar Bourbon

Mawar jenis bourbon merupakan jenis mawar yang pada awalnya diketahui di Pranci tahun 1823 di daerah Ile de Bourbon. Ile de Bourbon ini adalah daerah koloni Prancis di sekitar Laut Hindia yang saat ini disebut dengan Reunion. Mawar ini persilangan antara mawar Old Blush China dan Autumn Damask.

Mawar Centifolia atau Provence

Mawar Centifolia atau Provence

Mawar Centifolia ini lebih dikenal dengan nama Provence. Mawar Provence adalah mawar yang mempunyai pengertian “seribu daun mahkota”. Mawar ini hanya berbunga satu kali dalam setahunnya yang umumnya sebagai hasil dari pemuliaan di abad ke 17 di Belanda.

Mawar Moss

Mawar Moss

Mawar moss adalah mawar yang berkerabat dekat dengan Centifolia. Penampilan mawar Moss ini pada daun kelopak dan batangnya seperti ditumbuhi dengan lumut hijau. Mawar Moss berbunga seperti Centifolia yaitu hanya berbunga satu tahun sekali saja.

Mawar Hybrid Tea

Mawar Hybrid Tea

Mawar ini merupakan jenis mawar yang sangat produktif dan bagus untuk dijadikan bunga potong. Sebab dalam satu batang bisa memproduksi 5 hingga 6 bunga dengan ukuran yang besar. Mawar Hybird Tea biasanya disematkan di jas ketika acara pernikahan.

Mawar Floribunda

Mawar Floribunda

Mawar jenis ini merupakan mawar dengan bunga yang kecil, tapi di dalam satu batang bisa menumbuhkan sampai 10 bunga dan bahkan bisa lebih. Mawar ini bagus untuk dibudidayakan untuk taman di ruangan yang terbuka sebab tanamannya yang rimbun dab bunganya juga mencolok dari jauh.

Dilihat juga: Jenis-jenis Tanaman Hias Buah

Buck Roses

Buck Roses

Nama dari mawar ini berasal dari seorang Professor yang bernama Griffith Buck dari Iowa University. Professor ini sangat ahli dalam bidang hortikulturra, dan sukses memuliakan lebih 90 varietas bunga mawar. Mawar ini bisa bertahan terhadap penyakit dan musim dingin.

Mawar China

Mawar China

Mawar China ada perbedaan dari mawar pada umumnya, mawar China adalah mawar yang bisa berbunga beberapa kali di sepanjang pada musim panas sampai akhir di musim gugur. Mawar China mempunyai empat jenis yaitu PErson Pink China 1793, Slater’s Crimson China 1792, Parks Yellow Tea Scented China 1824, dan Hume’s Blus China 1809. Mawar ini pertama kalinya dibawa ke Eropa di akhir abada 18 dan 19. Dikarenakan mempunyai kelebihan bisa berbunga berkali-kali, maka jenis dari bunga ini dimuliakan menjadi mawar Old Garden.

Bunga Mawar Kuning

Bunga Mawar Kuning

Bunga dengan warna kuning menunjukkan rasa solidaritas yang tinggi, kekeluargaan, ceria, dan gembira. Bunga mawar dengan warna kuning cocok untuk dijadikan hadiah kejutan unutk teman, sahabat, atau keluarga yang sangat kita cintai.

Bunga Mawar Putih

Bunga Mawar Putih

Warna putih pada mawar ini menunjukkan rasa cinta sejati, suci, kemurnian hati, dan anggun. Bunga mawar putih ini cocok diberi kepada sahabat karena warna putih ini melambangkan persahabatan sejati.

Mawar Hybrid Perpetual

Mawar Hybrid Perpetual

Mawar jenis Hybird Perpetul adalah bunga mawar dari keturunan Bourbon yang bisa dijumpai dengan mudah di Inggris di zaman Victoria. Bunga jenis ini bisa berbunga berkali-kali setiap tahunnya.

Gambar Bunga Mawar Tea

Gambar Bunga Mawar Tea

Mawar Tea merupakan persilangan dari Parks Yellow Tea Scented China atau Hume’s Blush China dengan jenis dari Noisette dan Bourbon. Dalam bunga ini sepertinya ada gen Bourbon, sebab bisa berbunga berkali-kali meskipun baunya tidak harum layaknya teh.

Mawar Bermuda Mysterious Roses

Mawar Bermuda Mysterious Roses

Mawar Bermuda Mysterious Roses merupakan dari kelompok mawal yang berasal dari Bermuda dan dibudidayakan di sana, bahakan lebih dari 1 abad pembudidayaannya. Mawar jenis ini mempunyai nilai ekonomi yang lumayan tinggi sebab mawar Bermuda bisa ditanam di daerah yang semi tropis dan tropis yang menjadikan bunga ini bisa berbunga dan bertahan dalam cuaca yang panas atau lembab. Bunga mawar ini dinamai dengan mawar misterius disebabkan karena aslinya tidak diketahui dan hanya diberi nama dari nama yang punya taman.

Dilihat juga: Cara Menanam Bunga Anggrek Yang Benar

Climbing Roses

Climbing Roses

Climbing yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia memanjat. Maka mawar ini merupakan jenis kelompok mawar yang tumbuhnya merambat di bangunan atau pagar. Jenis dari climbing rose dianratanya: Ayrshire, Climbing China, Sempervirens, Boursault, Laevigate, Climbing Bourbon, dan Climbing Tea.

Shrub Roses

Shrub Roses

Seperti mawar climibng rose, Mawar jenis Shrub Rose masuk dalam jenis semak yang pertumbuhannya semi memanjat.

Modern Garden Rose

Modern Garden Rose

Mawar Garden Roses merupakan mawar yang termasuk dalam jenis semak tapi modern, mawar ini masih keturunan dari Old Garden yang bentuknya beragam. Bunganya beragam, ada yang kecil dan ada juga yang besar. Dari banyak varian mawar Modern Garden Rose berdasarkan ukuran dan ciri khas bunganya, maka mawar ini yang bisa berbunga berkali-kali ini digolongkan dalan dua kelompok lagi:

English Roses

English Roses

English Roses adalah mawar dengan baunya yang harum dan bisa berbunga berkali-kali dalam satu tahun. Bunga ini hasil dari hibrida antara mawar modern dan Old Garden.

Miniature Roses

Miniature Roses

Miniature Roses merupakan mawar yang mempunyai ukuran yang kecil dengan diameter hanya 2 sampai 5 cm saja, tapi bungan ini bisa berbunga berkali-kali.

Itulah beberapa gambar bunga mawar berserta jenis dan maknanya.