Jenis-jenis Bunga Anggrek Populer di Dunia

Bunga hias – Keindahan bunga anggrek memang sudah mendunia. Bahkan karena keindahannya, bunga anggrek sampai dijadikan sebuah judul lagu. Banyak jenis anggrek yang ada didunia ini, namun anggrek yang sangat tenar ialah anggrek bulan.

Bunga anggrek termasuk tanaman langka dan akhirnya pemerintah membuat praturan undang-undang khusus untuk melindungi anggrek. Dalam Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999, tertulis 29 bunga anggrek yang merupakan spesies langka.

Berikut Jenis-Jenis Bunga Anggrek di Indonesia:

1. Anggrek Bulan

Anggrek Bulan

Inilah bunga anggrek yang sering digaungkan dalam sebuah lirik lagu. Nama ilmiahnya Paraphalaenopsis serpentilingua. Panjang juga, ya. Kalimantan Barat merupakan daerah yang menguasai kecantikan anggrek ini.

Ciri khas anggrek bulan yakni, berwarna putih dengan corak kuning dan merah, karena bentuk dan warna anggrek ini hampir mirip rembulan di malam hari.

2. Anggrek Stuberi

Anggrek Stuberi

Perpaduan warna ungu, kuning dan putih mendominasi anggrek yang satu ini. Nama latinnya Dendrobium lasianthera. Bentuk anggrek stuberi terbilang unik karena menyerupai spiral.

3. Anggrek Callus Vanda

Anggrek Callus Vanda

Bunga anggrek callus vanda merupakan bunga anggrek yang punya banyak spesies. Ada sekitar 40 spesies dengan warna dan bentuk aneka ragam. Bentuk kelopak bunganya sangat cantik dan indah.

Anggrek ini tersebar di beberapa negara di dunia termasuk di Indonesia. Banyak orang mengagumi bentuk kelopak bunga anggrek callus vanda karena memang unik sekali.

4. Anggrek Hibrida

Anggrek Hibrida

ini merupakan hasil persilangan (perkawianan) dua macam anggrek yang berbeda

5. Anggrek Sendok

Anggrek Sendok

Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan kalau bunga ini mirip dengan alat makan berupa sendok. Tapi, jelas bentuknya jauh lebih indah dari sendok. Bukan sendok biasa.

Nama latinnya adalah Spathoglottis zurea. Dengan warna bunga kuning cerah dan sedikit polesan putih dan merah di tengahnya, bunga anggrek sendok ini semakin menawan saja.

6. Anggrek Kasut Kumis

Anggrek Kasut Kumis

Anggrek kasut kumis bisa dikatakan kembaran dari kantung semar. Pasalnya, bentuknya berkantung dan berbulu. Itulah sebabnya dinamakan kasut kumis karena bulunya yang begitu terlihat.

Bunga anggrek kasut kumis memiliki perpaduan warna ungu dan hijau. Kedua warna ini membuat anggrek kasut kumis semakin indah dan serasi. Nama ilmiahnya yakni Paraphalaenopsis chamberlainianum.

7. Anggrek Serat

Anggrek Serat

Berikutnya, anggrek serat. Bunga anggrek serat masuk dalam suku Orchidaceae, satu suku dengan anggrek larat.

Tanaman ini banyak tumbuh di daerah Sulawesi Tenggara. Pada akhirnya pun dijadikan identitas Sulawesi Tenggara.

Bunga anggrek serat mengandung banyak serat sehingga dinamakan anggrek serat. Kandungan seratnya dimanfaatkan sebagai bahan anyaman. Hal tersebut menyebabkan populasi anggrek serat semakin langka. Di sinilah tugas kamu sebagai warga negara adalah tetap melestarikannya dengan cara budidaya.

8. Anggrek Bulan Bintang

Anggrek Bulan Bintang

Nah lho, tadi ada anggrek bulan. Sekarang muncul anggrek bulan bintang. Tentu saja ada alasannya, mengapa nama anggrek bulan bintang melekat padanya.

Anggrek ini punya lima buah kelopak yang berbentuk mirip bintang. Lalu di tengahnya persis seperti bulan. Warnanya sangat indah dan menawan sehingga banyak yang menyukai jenis anggrek bulan bintang.

9. Anggrek Tebu

Anggrek Tebu

Tanaman anggrek terbesar dan terberat disandang oleh anggrek tebu. Beratnya satu ton dan tingginya tiga meter. Itulah sebabnya, anggrek tebu dijuluki sebagai anggrek raksasa.

Apalagi jika melihat diameternya yang mencapai 1-2 meter, sangat besar sekali untuk ukuran tanaman anggrek. Namun, ukuran sedemikian besarnya tidak mengurangi bunga anggrek tebu ini.

10. Anggrek Kebutan

Anggrek Kebutan

Namanya mengingatkan pada istilah yang menggambarkan kebiasaan gemar naik kendaraan dengan kecepatan di atas normal alias kebut-kebutan. Tapi, bukan berarti anggrek ini bisa melaju selayaknya motor ya.

Nama kebutan disandang karena warna oranye yang memoles bunga anggrek terlihat sangat indah. Warna-warna tersebut berkerumun dalam satu tangkai.

Anggrek kebutan ini termasuk anggrek langka yang dilindungi negara. Jadi, kamu pun harus menjaga kelestariannya.

11. Anggrek Hartinah

Anggrek Hartinah

Nama Hartinah diambil dari nama seorang ibu negara, tak lain mendiang Ibu Tien Soeharto. Beliau berjasa besar mengembangkan tanaman anggrek hartinah ini. Anggrek hartinah ditemukan oleh Rusdi E.Nasution pada tahun 1976.

Nama ilmiahnya adalah Chimbidium hatinahianum. Bunga anggrek ini didominasi ungu dengan gradasi krem. Bentuk dan ukurannya sama seperti bunga anggrek pada umumnya.

12. Anggrek Jingga

Anggrek Jingga

Seperti warnanya, anggrek ini dinamakan anggrek jingga. Nama latinnya adalah Renanthera matutina. Bunganya berwarna jingga dengan motif seperti warna kulit macan tutul.

13. Anggrek Ki Aksara

Anggrek Ki Aksara

Bunga anggrek ki aksara berwarna hijau dengan corak menyerupai kilatan petir. Anggrek yang nama latinnya Macodes petoal ini ukurannya terbilang mungil. Namun, tetap indah dipandang mata.

14. Anggrek Jamrud

Anggrek Jamrud

Ingat salah satu band terkenal di Indonesia saat era 90-an? Ya, mereka lah band jamrud. Kini, nama itu juga disandang oleh salah satu jenis anggrek, yaitu anggrek jamrud.

Nama latin anggrek jamrud adalah Dendrobium macrophyllum. Ciri-ciri anggrek jamrud, antara lain, terdapat bulu di bunganya seperti buah rambutan. Sementara di bagian luarnya juga menyerupai kulit rambutan dan membentuk kelopak.

15. Anggrek Larat

Anggrek Larat

Warna ungu tua menjadi ciri khas anggrek larat. Nama latinnya Dendrobium phalaenopsis. Jenis anggrek ini dapat kamu temui dengan mudah di rumah-rumah budidaya anggrek.

16. Anggrek Kantung Kolopaking

Anggrek Kantung Kolopaking

Bunga anggrek yang satu ini hanya tumbuh di Kalimantan Tengah (endemik). Warna daunnya hijau tua dan menyerupai pita. Ujung daun membulat sehingga terlihat sangat unik. Anggrek kantung kolopaking memiliki nama ilmiah Paphiopedim kolopakingii.

17. Anggrek Kerlip

Anggrek Kerlip

Anggrek ini masih satu spesies dengan anggrek bulan. Aromanya sangat wangi dan bentuknya memikat hati. Pemilik naman latin Phalaenopsis violacea ini merupakan anggrek yang banyak dibudidayakan karena keindahan tampilannya.

18. Anggrek Pensil

Anggrek Pensil

greeners.coPensil tidak hanya dijadikan nama salah satu alat tulis. Bunga anggrek pun menyandang nama ini karena bentuknya yang khas. Nama ilmiah anggrek pensil adalah Vanda hookeriana.

Anggrek pensil merupakan tanaman yang hidupnya menumpang pada bunga bakung. Namun, karena keindahannya sangat khas, bunga anggrek pensil digelari sebagai ratu anggrek di tahun 1882.

19. Anggrek Pandan

Anggrek Pandan

Inilah tanaman anggrek yang punya dua nama di daerah berbeda. Kalau di Kalimantan Barat, anggrek ini bernama sakat lidah ulang tedung. Panjang sekali bukan?

Lain halnya ketika bunga anggrek tersebut tumbuh di Sumatera, namanya berubah menjadi anggrek pandan. Alasannya, karena bentuknya mirip tanaman pandan. Anggrek pandan tidak hidup mandiri, melainkan menumpang pada pohon besar.

20. Anggrek Hitam

Anggrek Hitam

Kebayang nggak kalau bunga berwarna hitam semua? Pasti keindahannya hilang sekejap. Malah terlihat seram.

Tapi, anggrek hitam tidak demikian. Hanya bagian tengahnya saja yang berwarna hitam. Sementara bunganya berwarna hijau.