Jenis dan Tips Menanam Bunga Anggrek

Jenis dan Tips Menanam Bunga Anggrek

Bunga hias – Anggrek merupakan tanaman hias yang bunganya sangat indah. Anggrek telah dikenal manusia sejak 200 tahun lalu dan barulah sejak 50 tahun terakhir mulai dibudidayakan di Indonesia. Pusat tanaman anggrek di Eropa ialah Inggris, sedangkan di Asia ialah Muangthai. Di Indonesia, anggrek banyak berada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera maupun di Irian Jaya.

Jenis dan Tips Menanam Bunga Anggrek

Jenis bunga anggrek

Jenis bunga anggrek yang ada di Indonesia termasuk jenis yang indah seperti :

Vanda tricolor (berada di Jawa Barat dan di Kaliurang), Vandahookeriana (warnanya ungu berbintik-bintik berasal dari Sumatera), anggrek ralat atau Dendrobium phalaenopsis, anggrek bulan atau Phalaenopsis amabilis, anggrek Paphiopedilun praestans, dari Irian Jaya, serta anggrek Paphiopedilun glaucophyllum yang berasal dari Jawa Tengah. Tanaman hias anggrek bisa dibedakan berdasarkan sifat hidupnya menjadi 3, yaitu:

Tips menanam bunga anggrek agar cepat berbunga :

Tanaman hias anggrek dapat tumbuh diberbagi ketinggian tempat. Tanaman ini dapat tumbuh mulai dari 0-5000 meter diatas permukaan laut. Jenis anggrek yang tumbuh pada dataran rendah (sekitar 0-300 m di atas permukaan laut) diataranya yaitu Acampe praemorsa, Pholidota imbricata, Cymbidium aloifolium, dan Vanda roxburghii.

Sedangkan jenis anggrek dataran tinggi (ketinggian sekitar 3.500- 5.000 m di atas permukaan laut) diataranya yaitu Bulbophyillum retusiusculum, Habenaria cumminsiana, Nervilia macroglossa, Pleione maculate, Herminium longilobatum, dan sebagainya

Tanaman hias anggrek tidak bersifat parasit, sehingga tidak merugikan tanaman lainnya. Tanaman ini memenuhi kubutuhan makanan untuk dirinya sendiri dari proses fotosintesis, dan malah tahan hidup berbulan-bulan meskipun tanpa perawatan.

Budidaya tanaman hias anggrek akan berhasil dengan baik jika lingkungan tumbuh alaminya bisa terpenuhi. Faktor genetik merupakan faktor yang penting dalam pertumbuhan dan pembungaan tanaman anggrek. Tetapi, faktor lingkungan juga ikut berperan menetukan kesuksesan budidaya tanaman hias bunga anggrek. Beberapa faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman ini adalah temperatur, kelembapan dan sinar matahari

Secara garis besar bunga anggrek terbagi menjadi 3 jenis yaitu anggrek Epiphyt, Semi Epiphyt dan anggrek Terrestris atau anggrek tanah. Ketiga jenis anggrek tadi sudah kita bahas sebelumnya. Beberapa tips yang dapat saya berikan yaitu:

  • Anggrek Ephytis ialah jenis anggrek yang menumpang pada batang pohon lain namun tidak merusak atau merugikan yang ditumpangi. Alat yang digunakan untuk menempel ialah akarnya, sedangkan akar yang fungsinya untuk mencarri makanan ialah akar udara.
  • Anggrek semi Ephytis ialah jenis anggrek yang menempel pada pohon atau tanaman lain tetapi tidak merusak yang ditumpangi, cuma akar lekatnya juga berfungsi seperti akar udara yaitu untuk mencari makanan untuk berkembang.
  • Anggrek Terrestris ialah jenis anggrek yang hidup di atas tanah. Anggrek jenis ini juga banyak dibudidayakan.