Jenis dan Cara Merawat Cemara Kipas

Jenis dan Cara Merawat Cemara Kipas

Bunga hias – Tanaman hias Cemara kipas merupakan tanaman yang termasuk anggota Cupressaceae (cemara-cemaraan) yang ditanam sebagai tanaman hias di taman rumah ataupun tanaman penghijau kawasan. Tanaman ini membentuk sebuah kerucut dan daun tanaman membentuk penampakan kipas yang menarik. Cemara kipas juga sering dijadikan untuk hiasan pada perayaan Natal.

Jenis dan Cara Merawat Cemara Kipas

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Coniferophyta
Kelas: Pinopsida
Ordo: Pinales
Famili: Cupressaceae
Genus: Thuja
Spesies: Thuja orientalis L.

Sinonim

Platycladus orientalis (L.) Franco
Biota orientalis (L.) Endl.

Cemara kipas memiliki batang yang tegak, berbentuk silindris, dan ramping. Permukaan batang kasar dan memiliki banyak percabangan. Warna batang coklat. Daun cemara berbentuk menyerupai kipas. Daun merupakan daun majemuk, bersisik dan berwarna hijau tua.

Daun pipih dan menyerupai jarum-jarum tumpul. Bunga cemara kipas merupakan bunga tunggal yang muncul dari ketiak daun. Bunga betina berbentuk menyerupai lonceng dan dapat dijumpai di dasar cabang sedangkan bunga jantan berbentuk cawan berbelah dua yang dapa terlihat di ujung cabang dan berwarna hijau.

Buahnya merupakan tipe buah kotak berbentuk bulat, buah tunggal, dengan ukuran diameter sekitar 5-8 mm. Buah kering sejati berwarna coklat yang akan pecah saat buah masak. Biji juga berwarna coklat dan berbentuk bulat pipih. Cemara kipas dapat tumbuh subur di dataran rendah dan dataran tinggi dan menyukai daerah yang cukup disinari cahaya matahari.

Selain sebagai tanaman hias atau penghijau, cemara kipas ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk penyakit kudis, salesma, amenore, rematik, demam, dan batuk. Kayu cemara kipas juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat pagar, tiang atau perahu.

Cara Menanam dan Merawat Cemara Kipas

Cara Pembibitan Cemara Kipas

Pembibitan cemara kipas sama seperti cemara afrika yaitu dengan cara cangkok. Pilihlah batang yang sudah cukup umur dan memiliki panjang lebih dari 30 cm. Lalu potong dan kerat kulit batangnya, setelah itu bungkus tanah lalu dibalut plastik bening agar pertumbuhan akarnya dapat dipantau. Lakukan penyiraman setiap sehari sekali agar akar cepat tumbuh dengan baik. Setelah akar tumbuh banyak, segera potong batang tersebut dan diamkan 24 jam di tempat lembab atau basah dan selanjutnya batang baru bisa ditanam.

Cara Menanam Cemara Kipas

Siapkan media tanam bibit berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Tanam bibit dalam lubang tanam yang dibuat dengan kedalaman sekitar 20-25 cm. Timbun kembali bibit dengan media tanam yang telah dibuat lalu padatkan media tanam tersebut agar tanaman dapat tumbuh tegak dan tidak mudah roboh. Lakukan penyiraman pada media tanam dengan air agar kelembapan dan kesegaran media tanam tetap terjaga.

Cara Merawat Cemara Kipas

Lakukan penyiraman secukupnya setiap 2-3 hari sekali. Untuk pemangkasan, dapat dilakukan jika diperlukan karena tanaman cemara kipas memiliki batang yang jarang dibandingkan dengan jenis cemara lain dan tumbuhnya juga teratur. Lakukan pula pemupukan bersamaan dengan penyiangan yaitu setiap 2-2,5 bulan sekali.