Informasi Tanaman Hias Jenis Kadaka

Informasi Tanaman Hias Jenis Kadaka

Mengenal Tanaman Hias Kadaka | Salah satu tanaman hias dari jenis pakis yang cukup menarik perhatian adalah kadaka. Tanaman ini berbentuk mangkuk seperti sarang burung, sehingga disebut juga sebagai Birds Nest Fern. Sedangkan nama latinnya adalah Asplenium nidus.

Kadaka merupakan tanaman hias yang telah lama dikenal untuk menghias taman-taman rumah. Tanaman ini dapat ditempatkan di dalam pot ataupun ditempelkan pada tumbuhan inang. Tanaman kadaka juga dapat ditempatkan sebagai tanaman indoor.

Kadaka disukai karena mempunyai bentuk keseluruhan yang unik, yaitu berbentuk mangkuk seperti sarang burung. Bentuk unik ini terjadi karena daun yang tumbuh dari pusat batang ke segala arah.

Bentuk mangkuk kadaka akan didapatkan jika tanaman ini diletakkan pada media, seperti dlam pot, yang tidak memberikan halangan fisik bagi daun untuk tumbuh ke segaka arah. Menariknya, bentuk mangkuk tersebut benar-benar membuat burung tertarik untuk bersarang di dalamnya.

Kadaka atau pakis sarang burung ini memilki beberapa varian yang dibedakan berdasarkan bentuk dan ukuran daun. Ada varian yang memilki daun berbentuk lebar. lurus dan besar. Namun ada juga yang berbentuk halus dan keriting. Selain itu terdapat juga varian dengan daun yang seperti tercabik-cabik tidak beraturan. Tapi yang paling banyak ditemui adalah kadaka jenis daun lurus dan lebar.

Pemeliharaan kadaka tidaklah rumit. Untuk tumbuh baik, kadaka membutuhkan naungan agar tidak terkena sinar matahari langsung. Jika terkena sinar matahari langsung, daun akan berubah menjadi kuning. Bahkan kadaka juga dapat dijadikan tanaman indoor yang cantik.

Meski tidak suka dengan sinar matahari langsung, bukan berarti kadaka menyukai kelembaban. Justru terlalu lembab membuat akar kadaka membusuk. Oleh sebab itu untuk penyiraman, lakukan jika media telah kering saja. Itupun dilakukan dengan air secukupnya.