Informasi Tanaman Buah Kacang Amazon

Informasi Tanaman Buah Kacang Amazon

Tanaman Buah Kacang Amazon merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan. Meskipun berasal dari Amerika Selatan, tanaman ini mampu tumbuh subur di negara-negara tropis seperti di Indonesia. Secara fisik, buah kacang amazon ini sangat mirip dengan buah melinjo. Akan tetapi jika diperhatikan lebih detail, tanaman ini tentu saja memiliki susunan daun, batang, dan buah yang berbeda.

Buah jenis ini mempunyai keunggulan tersendiri. Salah satunya adalah citarasa daging buahnya yang gruih, manis, legit (mirip seperti kacang mede) dan bertekstur lembut seperti mentega. Selain itu, kacang amazon juga memiliki tampilan buah yang sangat cantik.

Buah yang masih muda berwarna hijau dan akan berubah menjadi orange kemerahan saat sudah matang. Perpaduan warna inilah yang membuat banyak orang menanam tanaman ini sebagai tanaman hias untuk menambah keindahan dipekarangan rumah.

Daun tanaman ini berwarna hijau, berbentuk oval dan terlihat tebal dengan tulang daun berbentuk menyirip, serta sisi daun bergelombang. Tanaman kacang amazon termasuk kedalam tumbuhan berkayu. Batang dari tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 3-5 meter.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Bunchosia Argentea ini dapat tumbuh pada daerah dataran rendah dan daerah dataran tinggi dengan ketinggian ideal 100-2600 meter diatas permukaan laut.

Perawatan tanaman kacang amazon juga sangatlah mudah, cukup lakukan penyiraman setiap dua kali sehari (pagi dan sore) dan pemupukan setiap sebulan sekali menggunakan pupuk NPK daun. Hal ini bertujuan untuk membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman.

Selain memiliki rasa yang lezat dan lembut, ternyata kacang amazon juga memiliki kandungan serat dan protein yang cukup tinggi.

Mengkonsumsi kacang amazon secara rutin dipercaya mampu memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Seperti :

  1. Menurunkan kolesterol.
  2. Menstabilkan tekanan darah.
  3. Mencegah kanker.
  4. Meningkatkan kepadatan tulang.
  5. Menjaga berat badan.
  6. Menjaga kesehatan mata.
  7. Melancarkan pencernaan.
  8. Meningkatkan stamina.
  9. Merawat rambut dan kesehatan kulit.
  10. Meningkatkan sistem kesehatan tubuh.