Informasi Sejarah dan Tips Bunga Matahari

Informasi Sejarah Bunga Matahari

Bunga matahari kontemporer melacak nenek moyang mereka ke tanaman yang ditemukan di situs arkeologi yang berasal dari 3.000 SM. Sementara mereka tumbuh berlimpah di Great Plains, bunga matahari pertama kali sengaja dibudidayakan oleh penduduk asli Amerika di wilayah lembah Southwest atau Mississippi River sebagai sumber obat, serat, biji-bijian, dan minyak.

Ketika para pemukim Eropa tiba, mereka segera mengenali nilai bunga matahari dan mengirim benih kembali ke Eropa. Di sana mereka menemukan tempat di taman pondok Inggris dan bahkan lukisan-lukisan Van Gogh. Namun, di Rusia bunga matahari menjadi tanaman pertanian utama. Mereka menyediakan sumber minyak yang bisa dimakan tanpa melanggar hukum diet gereja. Pada awal abad ke-20, petani Rusia mempelopori pembiakan dan seleksi untuk ketahanan terhadap penyakit dan kandungan minyak yang tinggi. Pada 1960-an, AS mulai mempertahankan produksi komersial kultivar benih minyak untuk menghasilkan minyak nabati.

Sudah lama dicintai sebagai bagian dari lanskap pedesaan, bunga matahari telah dipeluk oleh tukang kebun sebagai tanaman hias yang relatif baru-baru ini. Menanggapi minat ini, peternak di Jerman, Jepang dan AS telah mengembangkan jenis yang sangat cocok untuk kebun rumah.

Tips Memanen Bunga Matahari

Pada awal musim gugur, periksa kepala bunga untuk tanda-tanda kematangan. Sisi sebaliknya berubah dari hijau menjadi kuning-cokelat. Kepala besar akan mengangguk ke bawah. Pandangan yang dekat akan mengungkapkan kelopak-kelopak kecil yang menutupi benih yang sedang berkembang telah mengering dan sekarang rontok dengan mudah memperlihatkan benih matang yang penuh sesak.

Untuk memanen benih di depan burung dan tupai, potong kepala benih dengan satu atau lebih batang yang menempel dan gantung di tempat yang hangat dan kering yang berventilasi baik dan terlindung dari tikus dan serangga. Jauhkan kepala biji yang dipanen dari kelembaban untuk mencegah pembusukan dari jamur dan biarkan mereka sembuh selama beberapa minggu. Saat biji benar-benar kering, hilangkan dengan menggosokkan dua kepala bersama-sama, atau dengan menyikatnya dengan jari-jari Anda atau sikat yang kaku. Biarkan biji mengering selama beberapa hari kemudian simpan dalam stoples kaca kedap udara di lemari es untuk mempertahankan rasa.