Informasi Jenis Tanaman Hias Calathea

Informasi Jenis Tanaman Hias Calathea

Pada umumnya Calathea dikenal sebagai tanaman hias yang memiliki daun yang sangat dekoratif. Tanaman ini sering disebut juga sebagai prayer plant terdiri dari lusinan species yang memiliki penampilan daun daun cantik, baik dari segi warna dan motifnya. itulah sebabnya banyak spesies tanaman ini lebih populer sebagai tanaman pot karena daun daunnya yang beranekaragam. Calatheas ini tumbuh mencapai ketinggian maksimal 30 sampai dengan 50 cm.

Calathea adalah genus tanaman milik keluarga Marantaceae, berasal dari Amerika Tropis. Meskipun tanaman ini sangat menarik , Calatheas sering terlupakan dari daftar tanaman dedaunan populer.

Calathea Majestica salah satu species yang memiliki ukuran besar, tingginya dapat mencapai 1.5 meter, sekilas penampilannya mirip dengan heliconias dari family Musaceae (Bananas). Umumnya berdaun sederhana dan tidak dekoratif, ukuran daun yang besar mencapai panjang 60 cm dan lebar 26 cm berwarna hijau tua dibagian atasnya dan warna coklat keunguan dibagian bawahnya dengan tangkai panjang dari warna hijau tua keperak-perakan sampai coklat .keunguan.

Di beberapa negara, Daun calathea besar sering dipergunakan sebagai pembungkus makanan, kue-kue , kerajinan tangan atau untuk membungkus ikan-ikan segar selama transportasi.

Bunga Calathea Majestica tergolong unik, bertangkai panjang , warna dasar kuning muda dengan helai bunga berwarna putih pada sisi dibagian atasnya dan hijau muda pada pangkalnya, dasar bunga berwarna kuning tua atau orange, tersusun dalam bract yang hampir tidak beraturan, muncul dari ujung batang semunya.

Seperti kerabatnya yang lain, Caathea Majestica akan mentolerir iklim dingin dan juga toleran terhadap matahari penuh namun warna terbaik terlihat ketika mereka ditanam di tempat teduh pada tanah subur dan kaya humus dengan drainase yang baik.