Informasi 5 Manfaat Tanaman Hias di Dalam Rumah

Informasi 5 Manfaat Tanaman Hias di Dalam Rumah

Berikut ini kami akan menjelaskan manfaat tanaman hias untuk di dalam rumah bagi anda para pecinta jenis tanaman hias. Selain menjadikan rumah kita semarak dengan adanya warna-warni alami, ternyata tanaman hias memiliki manfaat lain yang cukup besar bagi para penghuni rumah.

Mari kita perhatikan beberapa manfaat tanaman hias di dalam rumah:

1.Penghasil oksigen
Secara biologi, akar tanaman menyerap air, mineral, unsur hara, dan lain-lain dari tanah di sekelilingnya. Kemudian di dalam daun semuanya ini diolah menjadi bahan makanan dengan bantuan sinar matahari dan gas asam arang (karbondioksida). Proses kimiawi ini disebut sebagai proses fotosintesa. Selain menghasilkan makanan untuk tanaman, fotosintesa melepaskan gas asam (oksigen) ke udara. Hal inilah yang menguntungkan kita. Dengan adanya tanaman hias, rumah akan kaya akan oksigen. Tentunya dengan sistem sirkulasi udara yang baik, hal ini dapat dimanfaatkan secara lebih optimal.

2. Meningkatkan kualitas udara
Tanaman selain menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida, ternyata juga dapat menyerap polutan di udara hingga 87% dalam kurun waktu 24 jam. Tanaman juga menjaga kelembaban udara (kadar uap air di udara) di dalam rumah, sehingga penyakit saluran pernapasan juga dapat dihindari. Tanaman Sansevieria atau dikenal dengan nama Lidah Mertua, diyakini dapat menyerap polutan dalam udara dan juga radiasi dari barang-barang elektronik di dalam ruangan.

3. Penghias ruangan
Seperti tadi sudah disebutkan, tanaman hias dapat menjadikan ruangan di dalam rumah menjadi lebih terasa nyaman dilihat. Tanaman hias memang memiliki bentuk dan corak warna yang beraneka ragam yang jika ditempatkan dalam pot yang sesuai dan diletakkan pada posisi yang tepat akan menambah nilai estetika sebuah ruangan.

4. Relaksasi
Warna-warni tanaman dan bunga, menurut penelitian kesehatan, menyebabkan tubuh kita lebih rileks karena tekanan darah menjadi lebih stabil. Hal ini dipandang baik khususnya jika ada penghuni rumah yang memiliki masalah tekanan darah tinggi.

5. Mengatasi stress dan depresi
Karena memiliki manfaat sebagai relaksasi, tanaman hias juga diyakini dapat menurunkan kadar stress dan depresi setelah seharian bekerja. Selain melihat tanaman, menyentuh daun tanaman (kecuali daun kaktus, yaaaa… daun kaktus itu berbentuk panjang dan meruncing yang kita sebut sebagai duri kaktus) dipercaya dapat menurunkan kadar stress.