Harga dan Manfaat Bunga Saffron Crocus

Keistimewaan Bunga Saffron Crocus

Bunga ini dapat dikatakan Istimewa sebab Secara fisik bunganya, bunga ini termasuk bunga yang mempunyai penampilan indah dan enak dipandang. Secara manfaat bunganya, bunga ini termasuk yang mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Oleh sebab itu

Tanaman his bunga Saffron Crocus begitu mahal dan banyak dicari oleh banyak orang sebab bunga ini banyak sekali manfaatnya dan itu telah menjadi rahasia umum. Mempunyai keindahan yang tidak dipunyai bunga lain itu salah satu kelebihannya lagi,bunganya yang menarik dan juga berkarakter memberikan ciri khas yang kuat pada bunga Saffron Crocus ini.

Satu hal lagi yang faktor yang membuat Saffron Crocus ini mahal yaitu sebab bersal dari tangkai putiknya, sebab jumlah putik pada bunga cuma sedikit maka tanaman ini menjadi salah satu rempah termahal di dunia. Dalam satu bunga, cuma mempunyai 3 putik saja.

Harga dan Manfaat Bunga Saffron Crocus

  • Manfaat Bunga Saffron Crocus untuk Bahan Makanan

Saffron Crocus merupakan bahan yang kerap dipakai dalam makanan sebagai bumbu. Yang paling sering ditemui ialah pemakaian Saffron Crocus pada Nasi Briyani, makanan khas India. Warna kuning yang muncul pada Nasi Briyani yang asli bukan berasal dari kunyit, tetapi dari Saffron Crocus.

Saffron Crocus pun memberi rasa khusus pada Nasi Briyani tersebut yang memberi ciri khas. Kian banyak pemakaian Saffron Crocus pada makanan akan memberikan warna yang kian gelap. Dengan kadar yang terlalu banyak pun akan memberikan rasa pahit pada makanan.

  • Manfaat Bunga Saffron untuk Kesehatan.

Saffron Crocus mempunyai banyak kandungan zat yang bersifat Antikarsinogenik yang berfungsi mencegah kanker, Antioksidan yang berfungsi mencegah radikal bebas, dan Antimutagenik yang berfungsi mencegah mutasi gen.

Saffron Crocus mengandung beragam nutrisi seperti serat, protein, vitamin A (karotene), B, dan C, selenium, kalium, magnesium, zinc, natrium, fosofor dan asam folat.

  • Bunga Saffron Crocus Sebagai Parfum.

Saffron Crocus mempunyai harum flora yang khas dan natural, yang bisa memberikan ketenangan pada pikiran dan dapat membuat orang yang mencium wanginya menjadi lebih relaks. Orang-orang di Timur Tengah telah lama memakai Saffron Crocus ke dalam campuran wewangian mereka. Konon orang yang sedang sakit kepala saat mencium harum Saffron Crocus ini dapat reda sakitnya.

Harga Bunga Saffron Crocus

Harga 1 kg Saffron Crocus itu sekitar 10-12 juta rupiah, Mengapa mahal? Karena dalam 1 tangkai bunga Crocus Sativus cuma menghasilkan 3 tangkai Saffron Crocus, dan itupun harus masih harus diseleksi kualitasnya