Fakta Tentang Bunga Wijayakusuma

Bunga hias – Bunga Wijaya kusuma merupakan salah satu jenis bunga yang saat ini keberadaannya mulai langka dan sulit untuk ditemukan. Karena kelangkaan tersebut, bunga wijayakusuma dilindungi suaka alam.

Bunga yang memiliki ciri-ciri fisik yang unik ini biasanya tumbuh di daerah pantai dengan hidup menempel pada karang-karang besar.

Fakta Tentang Bunga Wijayakusuma

Berikut ini 5 fakta tentang bunga wijayakusuma :

Berasal dari Venezuela

Karena namanya yang mirip dengan nama Jawa, banyak orang mengira jika tanaman bunga wijayakusuma adalah tanaman asli Indonesia. Padahal tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari Venezuela, Amerika Selatan. Tanaman wijayakusuma pada masa lalu dibawa oleh para pedagang China ke Indonesia (Majapahit) dan kemudian dibudidayakan secara masif karena keunikan bentuk dan ciri morfologinya yang sangat unik.

Memiliki khasiat menyembuhkan beberapa penyakit

Bunga wijayakusuma dipercaya dapat digunakan sebagai ramuan herbal untuk mengobati beberapa penyakit. Berdasarkan referensi yang terdapat dalam Wikipedia Indonesia, diketahui bahwa bunga wijayakusuma berkhasiat untuk mengobati luka abses, menetralkan pembekuan darah (angin duduk), dan meredakan rasa sakitnya, bisul, antiradang, pendarahan, tuberkolosis, batuk, muntah darah, dan asma.

Mekar di saat yang sulit diprediksi

Bunga wijayakusuma mekar pada waktu yang tidak dapat ditentukan. Namun secara umum bunga dari tanaman yang masuk ke dalam keluarga kaktus-kaktusan ini mekar pada saat malam hari. Saat mekar, bunga wijayakusuma akan mengeluarkan wangi yang sangat semerbak seperti halnya bunga sedap malam.

Mitos tentang mekarnya bunga wijayakusuma

Timbul mitos yang menyebutkan bila seseorang yang tanpa sengaja menyaksikan mekarnya bunga wijayakusuma, maka orang tersebut akan mendapatkan kebaikan di hari selanjutnya, baik berupa rezeki yang berlimpah, kesehatan, kebahagiaan, dan hal-hal positif lainnya. Secara ilmiah, mitos ini memang tidak bisa diterima begitu saja, namun pada beberapa kejadiaan, mitos tentang mekarnya bunga wijayakusuma memang terbukti dari beberapa kesaksian.

Memiliki hubungan erat denga penguasa masa silam

Di kalangan keraton Kasunanan Surakarta dan Yogyakarta, bunga wijayakusuma dipercaya memiliki hubungan erat dengan raja-raja Majapahit di masa silam. Masyarakat disana berkeyakinan bila bunga ini memiliki kekuatan magis yang cukup besar sehingga raja-raja tempo dulu diwajibkan memiliki sekuntum bunga wijayakusuma yang ia peroleh dari tanaman yang ia tanam sendiri.