Ciri dan Manfaat Tanaman Hias Karet Kebo

Ciri pohon karet kebo yang pertama adalah dari batangnya yang berkayu dengan warna coklat tua. Bentuk batang karet kebo bulat dengan dilengkapi cabang atau dahan tidak beraturan layaknya pohon besar lainnya. Meskipun biasa ditanam pada pekarangan luas sampai dijadikan tanaman hias dalam pot, nyatanya pohon karet kebo dapat ditemui sampai pada dataran dengan ketinggian 500 meter dpl.

Karet kebo memiliki akar tunggang yang berfungsi untuk menahan bobot batangnya yang besar. Akar ini dapat memperkuat serta memperkokoh batang tubuh pohon karet kebo. Disamping itu, tanaman ini juga memiliki akar gantung atau akar udara seperti pada pohon beringin. Makanya sebagian orang cenderung lebih mengenal tumbuhan ini dengan nama Beringin Karet Merah atau Beringin Karet Kebo.

Dilihat dari bentuk daunnya, karet kebo meiliki daun muda berwarna merah hati. Warna daun inilah yang membuatnya disebut pohon karet merah. Namun seelah dewasa, daun keret kebo akan berubah menjadi hijau tua. Bentuk daunnya lonjong dan tebal dengan pankal yang runcing serta tersusun secara selang-seling. Pucuk daun muda tertutup dengan selaput ocrea dengan bentuk kerucut berwarna merah muda.

Manfaat Tanaman Karet Kebo Untuk Kesehatan

karet kebo memiliki kandungan kimia dalam setiap bagian tubuhnya. Sebut saja batangnya yang memiliki senyawa lateks yang sering dimanfaatkan orang untuk bahan baku pembuatan karet. Pada bagian Kulit dan akar mengandung flavonoid, saponin, dan polifenol. Sedangkan daunnya mengandung saponin, tanin dan polifenol yang memberikan efek untuk melancarkan peredaran darah serta bersifat analgesik atau penghilang rasa sakit.

  • Akar karet kebo untuk pengobatan bisul. Caranya dengan mengambil sedikit bagian akar dari pohon karet kebo lalu cuci bersih. Bagian akar tesebut selanjutnya digiling hingga menjadi bubur lalu dibubuhkan pada area yang sakit.
  • Akar karet kebo untuk pengobatan maag. Caranya siapkan sekitar 35 gram akar karet kebo yang telah dicuci bersih. Lalu rebus akar dengan menggunakan 2 gelas air sampai air rebusan hanya tersisa 1 gelas lalu di minum.
  • Akar karet kebo untuk pengobatan rematik. Caranya sama dengan pengobatan untuk maag, akar pohon karet kebo direbus lalu diminum 2 kali sehari.

Daun karet kebo untuk pengobatan stroke. Caranya dengan mencincang halus daun karet kebo lalu jemur hingga kering. Daun yang telah kering selanjutnya direbus dengan 3 gelas air menggunakan panci dari tanah liat hingga tersisa 1,5 gelas saja. Air rebusan ini diminum 2 kali sehari selama seminggu.