Ciri-Ciri dan Cara Menanam Bunga Asoka

Ciri-ciri Bunga Asoka

  • Berbatang tegak dan pohonnya berkayu bulat. Sistem percabangannya simpodial dan warnanya putih krem.
  • Bunga asoka bisa dijumpai dalam berbagai warna diataranya yaitu merah muda, merah terang sampai oranye.
  • Bagian daun Asoka cenderung lonjong dengan bagian pangkal meruncing. Daun ini bersifat tunggal dan pertulangannya menyirip
  • Akar bunga asoka bersifat tunggang, warnanya kecoklatan.
  • Bunga ini bersifat majemuk, berkelamin dua dengan kelompak serupa corong. Benang sarinya berjumlah empat dan bagian kepala sarinya melekat di bagian mahkota.

Cara Menanam Bunga Asoka

Agar mendapatkan bibit tanaman bunga soka bisa diperoleh dengan cara vegetatif. Anda dapat mengambil bagian batang pohon asoka yang telah berusia kemudian dijadikan sebagai bibit tanaman. Pilih rampalan yang memiliki setidaknya panjang 15 cm.

Kemudian setelah itu tancapkan rampalan ini pada media semai yang berada dalam iklim tidak kering dan teduh. Tujuanya supaya batang yang dipakai sebagai bit cepat mengeluarkan akar dan tumbuh tunas baru. Hal ini akan mempermudah Anda saat akan menanam bunga ini.

Sesudah bibit telah mulai mengeluarkan akar, langkah berikutnya ialah proses penanaman. Namun sebelum menanam tanaman ini tentu perlu menyiapkan media tanam terlebih dulu. Media tanam bisa dibuat dari campuran tanah dengan pupuk organik (pupuk kandang atau pupuk kompos).

Campurlah kedua bahan di atas dengan perbandingan 1:1. Anda dapat menggunakan media pot atau polybag, buatlah lubang dengan kedalaman sekitar 5 sampai dengan 10 cm. Tanam bibit dengan kondisi tegak lurus, kemudian tutup lubang dengan tanah. Ratakan tanah sambil ditekan sedikit supaya dapat menahan tanaman supaya tidak miring. Sebaiknya saat proses menanam ini dilakukan waktu sore atau pagi ketika matahari tak terlalu terik.

Cara Merawat Bunga Asoka

  • Saat menyiram bunga asoka, pakailah air bersih yang tidak terkontaminasi zat kimia apapun supaya asoka bisa tumbuh secara sehat. Menyiramnya cukup dilakukan sekali dalam satu hari.
  • Anda bisa memilih pagi atau sore hari.
  • Jumlah Pemberian pupuk yang diberikan pada asoka tergantung. Jika di tanam di dalam pot, berilah lebih banyak ketimbang asoka yang di tanam sebagai pagar hidup. Perbandingannya 2:3 lah
  • Sama halnya tanaman hias dengan batang kayu lainnya, asoka juga memerlukan pemangkasan pada batang-batangnya. Waktu yang tepat untuk memangkas batang-batang asoka ialah pada waktu asoka baru saja disiram dan diberi pupuk.
  • Terkadang, tanaman asoka juga memerlukan penyiangan untuk menghilangkan rumput-rumput liar yang tumbuh pada media tanamnya. Pastikan bunga asoka Anda terkena cahaya matahari pagi.