Cara Perawatan Tanaman Gelombang Cinta

Cara Perawatan Tanaman Gelombang Cinta

Bunga hias – Tanaman Gelombang Cinta merupakan salah satu jenis tanaman anthurium yang biasanya dijadikan sebagai tanaman hias di sebuah ruangan disisi rumah.

Untuk memelihara tanaman jenis ini alangkah baiknya kita mengerti dahulu bagaimana cara merawat tanaman gelombang cinta atau anthurium ini.

Perawatan Tanaman Anthurium biasanya mencakup:

Peletakan tanamannya

Cara Perawatan Tanaman Gelombang Cinta

Anthurium sebaiknya ditempatkan di tempat yang semi teduh. Tepatnya tempat atau ruangan yang memiliki intensitas cahaya antara 30-40%. Misalnya diteras rumah, di halaman atau dibawah pohon serta ruangan dekat jendela.

Jika menaruhnya di dalam rumah, sebaiknya disimpan dekat jendela atau yang dapat terkena cahaya matahari.

Jika menaruhnya di halaman terbuka, setidaknya harus mengenakan shading net yang mempunyai ketebalan 60% yang memungkinkan hanya 40% cahaya yang dapat masuk.

Namun yang perlu di ingat, Anthurium jangan sampai terkena matahari langsung, karena hal itu dapat membuat daun tanaman ini terbakar.

Waktu penyiraman yang tepat

Waktu penyiraman yang tepat

Penyiraman memegang peran penting untuk menjamin pertumbuhan tanaman hias gelombang cinta yang sehat. Walau begitu selalu dianjurkan, penyiraman tidak bisa berlebihan. Air tidak bisa sampai tergenang, atau media sampai becek. Secara ringkas, penyiraman tanaman hias gelombang cinta cuma berguna untuk menjaga kelembaban media saja.

Yang pas penyiraman dilakukan sehari sekali, di pagi hari sebelum pukul 10.00 atau sore hari sesudah pukul 17.00, untuk menghindari penguapan. Pada musim kemarau, atau saat suhu sangat tinggi dan kelembaban udara juga meningkat, jadwal penyiraman bisa dilakukan 2-3 kali satu hari.

Apabila media masih basah, penyiraman tidak mesti dilakukan. Penyiraman yang terlampau sering justru mengakibatkan tanaman busuk dan memicu timbulnya penyakit.

Usahakan memakai air yang bersih dan terlepas dari pencemaran. Penyiraman dapat dilakukan dengan sprayer ke arah media tanamnya, bukan pada daunnya untuk menjaga supaya daun tidak robek.

Perawatan yang baik

Pembiakan Gelombang Cinta Dengan Metode Split

Daun merupakan bagian dari tanaman hias gelombang cinta yang paling spesial. Bila daun anthurium kotor penuh debu, atau sobek, maka ketistimewaannya akan merosot merosot.

Untuk menjaga supaya daun-daun anthurium kita selalu kinclong dan ngejreng, tentu saja kita perlu menjaganya dari kotoran atau debu. Bila dianggap perlu, bisa saja kita melapnya dengan tissue basah atau kain halus yang basah, tiap hari.

Sedang untuk menjaga supaya daun-daun anthurium yang kita sayangi tidak sobek, atau hangus terbakar matahari sebaiknya kita menempatkan tanaman hias gelombang cinta di tempat yang kita anggap paling aman apakah dari lalulintas orang lalulalang ataupun cahaya matahari langsung.