Cara Perawatan Bunga Aster Yang Baik

Cara Perawatan Bunga Aster Yang Baik

Bunga hias – Sebelumnya sudah di bahas Tips Menanam Tanaman Hias Bunga Aster dan yang tidak kalah pentingnya adalah Cara Perawatan Bunga Aster Yang Baik. Untuk mendapatkan bunga aster yang baik, maka dibutuhkan perawatan yang baik pula. Berikut cara perawatan bunga aster yang baik.

Cara Perawatan Bunga Aster Yang Baik

  1. Siapkan mulsa setebal 4 – 5 cm, lalu ditaburi dengan kompos secara tipis. Campuran mulsa dan kompos ini lalu ditaburkan disekitar tanaman aster Anda.
  2. Lakukan penyiraman secara rutin, jangan sampai tanah menjadi kering. Perlu diperhatikan bahwa aster adalah jenis tanaman yang peka terhadap kandungan air dalam tanah.
  3. Jika penyiraman terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka daun yang tumbuh akan mudah meranggas atau bunga sulit mekar. Ingat lagi seperti pada cara penanaman yang sudah dijabarkan diatas, bahwa Anda hanya perlu membahasi media tanam secukupnya.
  4. Jika diperlukan, pasangkan tonggak kayu dengan membenamkannya pada media tanam tempat bunga aster Anda berada, benamkan dekat dengan batang utama. Lalu, pasangkan tali dan ikat dengan longgar. Tujuannya adalah memastikan agar bunga Aster Anda tumbuh dengan tegak.
  5. Potong sedikit ujung batang, sekitar 2 – 3 cm untuk merangsang pertumbuhan cabang-cabang baru.
  6. Pangkas daun-daun yang sudah layu. Jangan pernah menunggu hingga daun membusuk, karena dapat membawa penyakit pada bunga aster Anda.
  7. Jika bunga aster Anda tertutup debu atau dihinggapi oleh hama serangga, semprot dengan aliran air yang cukup keras, tapi jangan terlalu keras hingga merusak tanaman.
  8. Jika tanaman diserang oleh hama seperti siput, maka Anda dapat menggunakan cara pengusiran hama ini dengan melilit secara longgar kawat atau lempeng tembaga pada bagian tanaman aster (contohnya di batang utama didekat media tanam) yang bisa dilalui oleh siput.

Demikian tips untuk merawat bunga aster yang baik dan dapat anda praktikan dirumah. Dalam usaha untuk memperoleh bunga aster yang cantik dan sehat, maka anda juga harus mengaplikasikasikan metode penanaman yang tepat.