Cara Merawat Tanaman Bunga Kaktus

Cara Merawat Tanaman Bunga Kaktus

Kaktus saat ini banyak menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin memulai berkebun dan mengawalinya dengan jenis tanaman yang mudah perawatannya. Bahkan beberapa yang berhasil membudidayakan tanaman berduri ini justru memilih untuk terjun dan menekuninya sebagai lahan bisnis.

Kaktus saat ini memiliki banyak peminat karena selain perawatannya yang mudah, kaktus dianggap memiliki keunikkan pada setiap bentuknya. Wajar saja apabila sekarang tanaman kaktus menjadi buruan mereka yang ingin merasakan keasikkan merawat tanaman khas gurun pasir ini.

Tanaman Kaktus adalah tanaman yang cantik, menarik dan bisa ditempatkan di luar maupun di dalam rumah. Untuk perawatan tanaman ini sendiri juga terbilang mudah jika dibandingkan dengan tanaman hias lainnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat tanaman kaktus agar tumbuh subur namun tidak busuk. Berikut cara merawat kaktus.

Perhatikan Suhu Tempat Untuk Menanam Kaktus

Tanaman kaktus adalah tanaman yang sebaiknya ditempatkan di tempat dengan suhu sejuk namun tidak lembab. Dengan suhu yang pas, kaktus bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Hindari menempatkan kaktus di tempat dengan suhu terlalu dingin karena ini bisa membuat kaktus rentan membusuk. Juga, hindari menempatkan kaktus di tempat dengan suhu terlalu kering karena ini akan membuatnya layu dan mudah mati.

Siram dengan Air Secukupnya Saja

Agar kaktus tetap segar, siram kaktus dengan air secukupnya saja. Kaktus tidak perlu disiram setiap hari. Cukup siram satu kali untuk 3 hari atau bahkan satu kali untuk seminggu. Kaktus yang disiram terlalu sering justru akan lebih mudah membusuk.

Hindarkan Kaktus dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Meskipun kaktus adalah tanaman yang bisa tumbuh di tempat kering dan tandus, sebaiknya kaktus tidak ditempatkan di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung. Kaktus yang terkena paparan sinar matahari langsung akan lebih mudah layu, kering bahkan mati.

Perhatikan Media Tanam Kaktus

Tanam kaktus di pot atau tempat yang sesuai dengan besar kecil kaktus. Gunakan tanah dan pupuk kompos yang pas dan teksturnya tidak terlalu padat. Kaktus yang ditanam di tanah yang padat justru tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Untuk mengetahui media tanam terbaik buat kaktus, tidak ada salahnya jika kamu membeli media tanam ini di toko tanaman setempat.