Cara Merawat dan Menanam Bunga Marigold

Cara Menanam Bibit Bunga Marigold

Ketika bibit tanaman sudah siap ditanam, maka selanjutnya masuk pada tahapan penanaman bunga marigold. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Lubangi tanah dengan kedalaman minimal 15 cm

Pakai cangkul atau alat sejenisnya untuk membuat rongga dalam tanah. Pastikan terdapat celah agar oksigen dapat menggapai akar tanaman marigold. Singkirkan batu dan benda yang sekiranya mengganggu pertumbuhan dari dalam akar.

Masukkan tanaman ke dalam lubang yang telah dibuat

Masukkan bibit tanaman dan tutup dengan tanah hingga akar tidak terlihat. Sebelumnya siram bagian tanaman dasar hingga tanah basah namun jangan sampai menggenang.

Melapisi tanah dengan mulsa seperti jerami

Tutup permukaan tanah dengan bahan organik seperti jerami dan kulit pinus. Hal ini akan menghindarkan gulma dari tanaman Anda. Selain itu, hal ini juga bisa membantu tanah agar tetap lembap jadi Anda tidak harus selalu menyiraminya. Anda cukup menutupnya setebal 2,5 hingga 5 cm saja.

Memupuk tanah

Umumnya para petani menggunakan pupuk berbahan dasar nitrogen, pospor, dan kalium (NPK). Ketiga unsur tersebut emmang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Takaran ketiga unsur tersebut untuk marigold sebesar 20% untu nitrogen, 10% untuk pospor, dan 20% untuk kalium. Selain NPK Anda dapat memberikan pupuk campuran antara pupuk kandang dan pupuk kompos yang sudah diayak halus dengan perbandingan 1:1.
Penting diingat bahwa hindari penggunaan pupuk yang terlalu banyak. Karena marigold Anda akan mudah mati. Berikan pupuk dua minggu sekali saja.

Cara Merawat Bunga Marigold


Langkah terakhir dalam proses penanaman marigold adalah melakukan perawatan dengan baik. Berikut beberapa panduannya:

Siram marigold dari bawah

Sebaiknya siram marigold dari bawah. Karena jika Anda menuangkan air dari atas, hal ini akan membuat daun dan bunga mudah busuk. Anda bisa menggunakan botol atau gayung untuk menyiram. Jangan menggunakan selang dengan tekanan tinggi. Karena kekuatan dari tekanan air dapat menyebabkan tanah bagian atas tersingkir.

Deadhead pada tanaman marigold

Deadhead merupakan suatu proses penghilangan bunga yang telah mati dari suatu tanaman. Hal ini dapat membuat tanaman lebih cepat menghasilkan tumbuhan bunga baru. Untuk membuat tanaman marigold Anda lebih padat, maka petiklah pertumbuhan baru yang tidak Anda kehendaki.

Gunakan insektisida untuk menghilangkan parasit

Sama seperti tanaman lainnya, marigold juga rentan terhadap serangan hama. Berikan sedikit semprotan insektisida khusus tanaman bunga untuk membantu menjauhkan dari serangan hama tanpa harus meracuni tanaman.

Berikan tiang penopang jika diperlukan

Beberapa jenis marigold dapat tumbuh tinggi sehingga Anda membutuhkan tiang untuk dijadikan penopang batangnya. Cukup gunakan tiang dari bambu dengan ketinggian 60 cm serta ikat pada batang menggunakan tali.