Cara Merawat Bunga Pentas Lanceolata

Bunga Pentas Lanceolata merupakan salah satu jenis tanaman hias yang rajin berbunga. Akan tetapi nama populer lainnya yang disematkan kepada tanaman ini adalah Egyptian Star Cluster atau di kita sering disebut juga dengan bunga bintang karena bunganya menyerupai bintang.

Bunga yang tumbuh merupakan satuan bunga-bunga kecil yang menyerupai bentuk bintang dan membuat gerombolan bulatan setengah lingkaran. Sekilas terlihat bunga pentas menyerupai bunga soka bila dilihat dari kejauhan.

Namun bila dilihat lagi lebih dekat bentuk satuan bunganya memang berbeda. Kelopak bunga soka terdiri atas empat kelopak, sedangkan kelopak pentas terdiri atas lima kelopak yang menyerupai bentuk bintang.

Selain itu, perbedaan yang paling menonjol adalah dari bentuk daun. Daun soka berbentuk lebar membulat agak besar serta penampangnya halus. Sedangkan daun pentas berbentuk mirip seperti daun kemangi dan penampangnya agak kasar.

Seperti halnya dengan bunga mawar, bunga pentas merupakan tanaman hias yang tahan panas dan memang tanaman ini merupakan tanaman outdoor. Jadi bagi Anda yang menyukai tanaman yang rajin berbunga di tempat panas, bunga pentas merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Terdapat empat pilihan warna yang bisa Anda dapatkan dari bunga ini yakni warna merah, putih, pink dan juga ungu muda. Tanaman hias ini bisa ditanam baik itu di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Cara Merawat Bunga Pentas Lanceolata

Pentas adalah tanaman pemeliharaan rendah. Asalkan mereka mendapat banyak air, sinar matahari dan panas, mereka akan tampil cantik dan memberi Anda hadiah dengan berlimpahnya bunga. Bunga Pentas Deadhead untuk mendorong lebih banyak mekar. Perawatan tanaman Pentas muda harus mencakup mencubit ujung batang untuk memaksa tanaman yang lebih kompak.

Pupuk di musim semi dengan pupuk granular rilis lambat. Mulsa di sekitar tanaman di dalam tanah untuk menghemat air dan mengusir gulma.

Simpan tanaman di luar ruangan di musim dingin dengan menggali dan menempatkannya di dalam wadah dengan tanah pot yang bagus. Bawalah mereka ke dalam ruangan yang hangat dengan cahaya terang dan tidak ada draf. Kenalkan kembali tanaman secara bertahap ke luar rumah di musim semi segera setelah suhu sekitar 65 F. (18 ° C) atau lebih.